Published On: Sel, Agu 16th, 2016

Pemkab Tuban Mutasi Pejabat Desember Mendatang

TUBAN

seputartuban.com – Pemerintah Kabupaten Tuban berencana melakukan mutasi terhadap pegawai eselon 2 atau Kepala SKPD bulan Desember 2016. Banyak pertimbangan mengapa mutasi dilakukan pada akhir tahun tersebut.

Sekretaris  Pemkab Tuban, Budi Wiyana

Sekretaris Pemkab Tuban, Budi Wiyana

Jika mutasi dilakukan sekarang, dampaknya akan mengganggu pelaksanaan anggaran di masing-masing SKPD. Sehingga mutasi akan dilakukan pada akhir tahun anggaran, sehingga untuk penggunaan anggaran tahun 2017 sudah dilakukan oleh pejabat yang baru.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Tuban, Budi Wiyana mengatakan bahwa untuk kepala SKPD atau pejabat di eselon 2 akan dilakukan mutasi berdasarkan penilaian kinerja yang sudah dijalankan selama ini. Sedangkan kekosongan pejabat eselon 2 akan diisi oleh pejabat eselon 3 dengan cara lelang jabatan.

“Setelah kita lakukan mutasi eselon 2, baru pengisian yang kosong akan di lakukan lelang jabatan dari pejabat di eselon 3,” jelas Sekda Tuban, Budi Wiyana, Senin (15/8/2017).

Proses lelang jabatan melalui Tim Seleksi (Timsel) yang dibentuk Pemkab Tuban terdiri dari 5 orang. Dengan rincian 3 orang dari luar birokrasi dan 2 orang dari birokrasi Pemkab Tuban. Semua pejabat eselon 3 saat ini dapat mengikuti lelangjabatan tersebut sesuai dengan kemampuan yang dimiliki serta kesesuaian dengan jabatan yang diikuti lelang.

“Dari Pansel akan dilakukan seleksi dan tes untuk mengetahui kompetensi yang dimiliki oleh pejabat itu, sehingga benar-benar sesuai dengan kemampuan dibidangnya,” ujar Sekda.

Diketahui, saat ini ada sebanyak 8 jabatan eselon 2 yang kosong. Yakni Kepala Dinas Pertanian, BPPKP, BPBD, Satpol PP, Dinas Pertambangan dan Energi dan 3 staf ahli. Selain itu Pemkab Tuban juga akan memisah sejumlah SKPD sesuai aturan terbaru. Diantaranya Dinas PU, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Dinas Perekonomian dan Pariwisata. Beberapa lainya akan digabungkan diantaranta BPPKP akan digabung dengan Dinas Pertanian.

“Kita juga akan gabung SKPD yang belum maksimal dan juga ditambah SKPD baru atau pemisahan sesuai dengan atutan yang ada,” pungkasnya. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author