Published On: Sen, Okt 6th, 2014

Pemkab Tuban Mulai Batasi Pendirian Pasar Modern

Share This
Tags

TUBAN

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perekonomian dan Pariwisata Pemkab Tuban,  Imron Ahmadi

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perekonomian dan Pariwisata Pemkab Tuban, Imron Ahmadi

seputartuban.com – Semakin menjamurnya pasar modern di Kabupaten Tuban berdampak menurunya daya beli konsumen di pasar tradisional.  Untuk mengatasi hal ini, Pemkab Tuban mulai membatasi perijinan pendirian pasar modern. Hingga saat ini tercatat minimarket dan supermarket di Kabupaten Tuban yang sudah berijin sebanyak 43 unit.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perekonomian dan Pariwisata Pemkab Tuban,  Imron Ahmadi menjelaskan pihaknya saat ini sudah mulai melakukan pembatasan perijinan pendirian minimarket atau supermarket. Karena selain berpotensi mengganggu perekonomian pasar tradisional juga belum adanya Peraturan Bupati (Perbup) yang mengatur penempatan atau lokasi pasar modern. “Belum Perbup terkait penempatan dan jarak,” ungkapnya.

Jika masih ada pengajuan pendirian baru, maka pihaknya tetap mengijinkan dengan sejumlah syarat. Diantaranya hanya diperbolehkan menjual brand (merk). Sedangkan barang dagangan yang dijual dan operasionalnya harus dikelola oleh masyarakat sekitar. “Soal bagi hasilnya biar dibicarakan sendiri,” tegasnya.

Hingga saat ini sejumlah minimarket beroperasi dekat dengan pasar tradisional. Namun pihak Dinas Perekonomian dan Pariwisata tidak dapat menertibkanya. Karena pada waktu pendirian usaha, Pemkab Tuban belum memiliki Perbup yang mengatur terkait hal ini. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Displaying 1 Comments
Have Your Say
  1. chalisah berkata:

    Maaf sebelumnya …..kami mewakili pedagang ikan di stand ikan sebelah timur,kami merasa kecewa dg pegawi pasar baru tuban…kenapa demikian????karena para pegawai telah mengijini pedagang2 yg berjualan diluar los ikan katakanlah tempat parkir skrg jdi bedak utk berjualan…..yg mengakibatkan dampak buruk bagi kami pedagang yg berjualan didlm merasa terabaikan….kami lapor berkali kali tdk ada tanggapan sama sekali.mohon ditindak lanjuti .

Videos