Published On: Sel, Jun 30th, 2015

Pemkab Tuban Janji Tertibkan Tambang Liar Dengan Humanis

TUBAN

.

NOOR NAHAR : Kita akan terus tertibkan para penambag ilegal dengan pendekatan kemanusiaan. Sudah kita perintahkan Sat Pol PP.

seputartuban.com – Kian maraknya aktifitas tambang galian C yang diduga liar akhirnya direaksi Pemkab Tuban. Jika sebelumnya pemkab terkesan melakukan “pembiaran” kali ini tampaknya akan segera melakukan langkah represif.

Namun begitu, untuk memerangi keberadaan tambang-tambang tidak berizin tersebut Pemkab Tuban lebih dulu akan melakukan pendekatan humanis.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Husein, sebelum melakukan tindakan hukum terhadap para pelaku penambang liar. Meski, pemkab menganggap keebradanaannya sangat merugikan pemerintah daerah. Apalagi area tambang liar tersebut berada di lahan milik pemerintah.

“Kita akan terus tertibkan para penambang ilegal dengan pendekatan kemanusiaan. Sudah kita perintahkan Satpol PP,” tegas Noor Nahar, Senin (29/06/2015) siang.

Berkiatan itui, birokrat asal Desa Rengel ini, mengimbau apabila masyarakat mengetahui ada aktifitas penambangan yang diketahui tidak memiliki izin harus dilaporkan.

“Sebab terkadang pemerintah tidak mengetahui hal itu. Lebih-lebih lokasinya berada di dekat pemukiman warga,” kata dia.

Selain itu, Noor Nahar juga akan menindak tergas oknum pejabat yang bermain-main dengan tambang liar. Baik sebagai pelaku maupun beking.

“Kalau ada PNSi yang ikut melakukan pertambangan akan kita proses, dan kita berikan sanksi tegas,” katanya lagi.

Diakui, dengan dicabutnya kewenangan pemerintah daerah soal izin penambangan, justeru membuat aktivitas bisnis menggali batuan perbukitan di Kabupaten Tuban semakin meraja lela.

“Namun pemkab akan terus melakukan penertiban. Bila hal itu dibiarkan makan pemkab akan mengalami kerugian karena para penambang yang tidak membayar pajak,” tutur Noor Nahar. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author