Published On: Sen, Sep 28th, 2015

Pemkab Tuban Dianggap Tak Becus Urus Proyek

TUBAN

grafis: seputartuban.com

                       grafis: seputartuban.com

seputartuban.com-Komisi D DPRD menilai satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang membidangi proyek fisik tidak bekerja maksimal dan jauh dari kata profesional.

Komisi yang membindangi pembangunan ini, bahkan menyebut SKPD tersebut tidak becus bekerja.

Akibatnya, banyak proyek fisik di Kabupaten Tuban terancam mundur dari waktu yang sudah ditentukan alias molor.

“Banyaknya proyek molor dari tahun ke tahun disebabkan karena kurangnya perencanaan yang dibuat oleh SKPD yang membidangi fungsi pembangunan,” tegas anggota Komisi D DPRD Tuban, Rohmad, Senin (28/09/2015) siang.

Menurut dia, sepanjang kurun tahun 2015 ini banyak proyek milik Pemkab Tuban berpotensi molor. Salah satunya adalah pelaksanaan proyek pembangunan jalan poros Kecamatan Merakurak-Montong.

Proyek yang berada di Desa Pucangan, Kecamatan Montong, senilai Rp 9,7 miliar dengan panjang 3 kilometer tersebut hingga saat ini baru terselesaikan 30 persen.

Politisi PKS ini, mengatakan lambannya proyek pembangunan jalan tersebut akibat dinas terkait selaku pengguna anggaran tidak membuat perencanaan sesuai dengan skedul.

“Dampaknya proses lelang terlambat, sehingga penyerapan anggarannya tidak bisa dilakukan secara maksimal,” ungkap Rohmad.

Berkaitan itu Komisi D terus mendorong agar semua dinas memperhatikan prosedur dan regulasi yang telah tersedia. Seperti halnya pengerjaan PAPBD yang hingga saat ini belum ada. Sehingga bila tidak secepatnya dilaksanakan tidak menutup kemungkinan pelaksanaannya akan molor.

“Bahkan tidak selesai pada tahun anggaran 2015. Setelah anggaran itu ditetapkan, pengguna anggaran harus segera merealisasikannya agar tidak terlambat,” tandas Rohmad.

CHOLIQ QUNNASIH: Pertengahan Desember kita pastikan semua proyek sudah selesai. Tidak ada yang molor.

CHOLIQ QUNNASIH: Pertengahan Desember kita pastikan semua proyek sudah selesai. Tidak ada yang molor.

Sementara Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Tuban, Choliq Qunnasich, memastikan semua proyek akan selesai sebelum tahun anggaran berakhir.

“Pertengahan Desember kita pastikan semuanya (proyek) sudah selesai,” kata Choliq dihubungi terpisah.

Sedangkan untuk PAPBD, menurut dia, saat ini sedang dilakukan proses lelang dan sudah selesai. Choliq mengkalim, proyek dari PAPBD tidak berat, hanya untuk pemeliharaan jalan. Sehingga bisa segera terlaksana dan selesai sesuai dengan perencanaannya.

Disebutkan, untuk tahun anggaran 2015 dana yang dikelola oleh Dinas PU dari APBD sebesar Rp 262 miliar. Namun setelah PAPBD 2015 bertambah menjadi Rp 359 miliar atau mengalami penambahan Rp 97 miliar.  MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author