Published On: Rab, Mar 6th, 2019

Pemkab Tuban Anggarkan Rp. 9,4 Miliar Untuk Pilkades Serentak

seputartuban.com, TUBAN – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 274 desa Se-Kabupaten Tuban menyedot anggaran daerah tidak sedikit.Dianggarkan sebanyak Rp. 9,4 milar untuk pelaksanaan pesta demokrasi tingkat desa itu.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan KB, Mahmudi

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Berencana (Dispemas dan KB), Selasa (5/3/2019), mengatakan skema anggaran Pilkades 10 Juli 2019 itu dibiayai Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Tuban tahun anggaran 2019. Serta APBDesa tahun anggaran yang sama. Sebanyak Rp. 9,4 miliar akan digelontorkan pemerintah kabupaten untuk pelaksanaan ini.

“Memang untuk Pilkades 2019 nanti akan dibiayai oleh pemerintah daerah yang akan diambilkan dari APBD dan dari desa (APBDesa),” ungkap Mahmudi.

Anggaran tersebut akan digunakan untuk pembelian alat tulis, surat suara, kotak suara serta kelengkapan lainnya. “Untuk honor panitia dan KPPS itu anggaran yang dari APBD,” jelasnya.

Sedangkan dari APBDesa, digunakan untuk anggaran rapat, sosialisasi, makan dan minum saat pelaksanaan pemilihan dan honor personil Linmas.

Tiap desa menerima dana daerah tidak sama jumlahnya. Karena disesuaikan dengan jumlah pemilih tiap desa. Sehingga bagi desa yang jumlah pemilihnya lebih banyak, akan menerima dana lebih banyak pula dari Pemkab Tuban. “Dalam penggunaan anggaran tersebut nantinya tetap harus menggunakan LPJ, ” tegasnya. RHOFIK SUSYANTO

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Berita Terkini

Videos