Published On: Kam, Des 29th, 2016

Pemkab Tuban Anggap PLN Bantu Tambang Ilegal

seputartuban.com, TUBAN – Pemkab Tuban menganggap bahwa Perusahaan Listrik Negara (PLN) membantu aktifitas penambangan ilegal di Kabupaten Tuban. Hal itu disebabkan karena PLN telah memberikan suplai listrik terhadap para penambang ilegal untuk operasional.

Dibiarkan : Aktivitas tambang ilegal di kawasan batu kapur Kecamatan Palang yang menggunakan listrik

“Itu sama halnya PLN telah membantu kegiatan ilegal,” kata Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein, Rabu (28/12/2016).

Wabup menyarankan agar PLN harus lebih selektif dalam memberikan pelayanan pemasangan jaringan listrik. Jangan sampai PLN yang merupakan perusahaan milik negara membantu kegiatan yang merugikan negara. “Bila memang dibutuhkan adanya surat himbauan akan kita buatkan,” sambung Wabup.

Sementara itu, Kepala Teknik PLN Tuban, Ali Usman mengatakan, memang PLN tidak sampai melakukan seleksi sampai sejauh itu terhadap permintaan pemasangan baru. Pasalnya, dalam aturan perusahaanya, tidak ada larangan untuk suplai tempat tambang ilegal. “Kita tidak sedetail itu, selama persyaratan ada akan kita pasang,” tegasnya.

Ali menambahkan bahwa regulasi di PLN tidak ada, sehingga tidak bisa menolak pengajuan pemasangan baru, meskipun dipakai untuk tambang ilegal. Kecuali dari Pemkab ada surat edaran seperti Halnya PLN diminta untuk tidak memasang jaringan listrik terhadap tower ilegal. “Ada orang butuh listrik ya kita layani selama ada persyaratannya berupa KTP dan kegiatan atau usaha yang dilakukan,” sambungnya.

Selain itu, pihak PLN tidak bertanggung jawab bila ada pekerja yang tersengat listrik. Sebab diluar meteran PLN tidak menjadi tanggungjawab PLN.

Diketahui, di Kabupaten Tuban keberadaan tambang ilegal kian menjamur. Untuk operasionalnya sebagian besar membutuhkan pasokan listrik dalam jumlah banyak. Selama ini mereka masih mengandalkan pasokan listrik PLN karena lebih murah dibanding memakai tenaga diesel. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author