Published On: Jum, Jul 31st, 2015

Pemkab Tuban Ancam Pecat Kades “Illegal Mining”

TUBAN

illustrasi: GOOGLE IMAGE DIOLAH

illustrasi: GOOGLE IMAGE DIOLAH

seputartuban.com–Maraknya aktivitas galian C bodong di tengah sengkarut perizinan tambang yang kini menjadi otorita pemerintah provinsi, kuat dugaan melibatkan oknum kepala desa (kades) dan perangkat yang wilayahnya kaya sumber tambang.

“Jika ada oknum kades maupun perangkat desa yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung dalam aktivitas pertambangan illegal, bisa saja yang bersangkutan diberhentikan dari jabatannya,” kata Kepala Inspektorat Kabupaten Tuban, Agus Priyono Hadi, Kamis (30/07/2015) siang.

Menurut dia, untuk alur teguran pertama dapat dilakukan pihak Badan Permusyawaratan Desa (BPD) setempat dengan mengirimkan surat teguran kepada kades dan melaporkannya ke Pemkab Tuban.

Hanya saja, kata Agus, jika surat teguran tersebut tidak diindahkan maka penelusuran lebih jauh tentang kebenaran pelanggarannya akan dilakukan inspektorat setelah mendapatkan izin Bupati Tuban.

Pantauan seputartuban.com di Kecmatan Soko, kuat dugaan adan keterlibatan perangkat desa dalam aktifitas pertambangan ilegal di Desa Menilo.

Tengara ini dikuatkan dengan keterlibatan Sekertaris Desa Menilo, Mustajab, sebagai penanggung jawab kegiatan pengerukan tanah pada empat lokasi di Desa Menilo.

Kasusnya kemudian ditangani Kejaksaan Negeri (Kejari) Tuban dengan memanggil Mustajab, Kamis (25/06/2015) lalu. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author

Displaying 1 Comments
Have Your Say
  1. wonk ndeso berkata:

    ah gertak ggomballll! klo memeng mereka sudah melanggar hukum mestinya bukan peringatan tpi langsung proses hukum!memang kasus hukum di tuban seakan slalu hilang bak ditelan bumi krn kasus2 itu sdah tentu melibatkan bnyak pihak!dan irtulah cerminan dri kondisi mulai bupati,pejabat sampai wakil rakyat!jngan salahkan klo rakyat muak dan apatis dlam pilbub krn mereka pkir podo wae kabeh!!!sungguh memprihatinkan!!