Published On: Sen, Jun 1st, 2015

Pemkab Tuban Ajukan 5.000 Lowongan Guru CPNS

TUBAN

cpns-2015seputartuban.com-Untuk menutup kekurangan tenaga guru, tahun ini Pemkab Tuban mengajukan sebanyak 5.000 lowongan CPNS ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan dan RB).

Jumlah tersebut termasuk formasi tenaga kesehatan lintas kebutuhan mulai teknis hingga paramedis. Sementara untuk kalangan pendidikan diprioritaskan bagi guru honorer atau GTT yang sudah masuk data base K-2.

Berdasarkan catatan di BKD, saat ini yang sudah masuk dalam K2 dan belum lulus ada sebanyak 429 orang, baik itu tenaga pendidikan dan kesehatan. Nasib mereka hingga sejauh ini masih belum ada kejelasan dari Menpan.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Tuban, Nur Hasan, mengatakan setiap tahun pihaknya selalu mengusulkan ke Menpan terkait kekurangan pegawai tersebut. Hanya saja, jumlah yang disetujui masih jauh dari yang dibutuhkan.

“Seperti tahun lalu kita mengajukan 5.000 namun yang disetujui hanya 52 formasi,” tegs Nur Hasan, Senin (1/6/2015) siang.

Namun dari pengajuan itu, yang menjadi prioritas adalah untuk tenaga pendidikan dan kesehatan. Mengingat kedua sumber daya manusia (sdm) tersebut menyangkut kebutuhan layanan dasar masyarakat.

“Tapi sampai saat ini kita masih belum menerima kuota untuk CPNS tahun 2015. Sementara untuk K2 hingga saat ini juga belum ada petunjuk. Untuk itu kita minta bersabar,” imbuh dia.

Nur Hasan mengharapkan, agar kebutuhan pegawai yang setiap tahunnya semakin bertambah itu tercukupi meskipun secara bertahap, terutama untuk tenaga pendidikan dan kesehatan.

DiSebutkan, setiap tahunnya di Kabupaten Tuban ada sekitar 400 sampai 500 PNS yang pensiun. Sehingga setiap tahunnya pegawai yang berstatus PNS di Tuban selalu berkurang. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author