Published On: Rab, Jul 20th, 2016

Pemkab Akan Evaluasi Kinerja Pemdes

TUBAN

seputartuban.com – Dengan dinaikkannya tunjangan perangkat desa seharusnya dibarengi dengan peningkatan kinerja. Sebab kenaikan itu bertujuan untuk peningkatan kesejahteraan dan kinerja. Namun, hingga saat ini sebagian masih belum dilaksanakan oleh perangkat desa. Bahkan setiap jam kerja banyak perangkat yang sibuk dengan urusan pribadinya. Beberapa lainya kantor desa masih nampak lengang.

NOOR NAHAR: 10 persen data kerusakan jalan itu valid dan bisa dipertanggungjawabkan.

NOOR NAHAR HUSSEIN

Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein mengatakan bahwa akan dilakukan evaluasi terhadap kinerja pemerintah desa. Pasalnya, saat ini kesejahteraan Kepala Desa (Kades) dan perangkatnya ditingkat dengan dinaikkan tunjangan mereka. “Semua yang menerima insentif akan kita evaluasi dengan tingkat kinerja yang telah dilakukan,” kata Wabup, Senin (18/7/2016).

Selama ini hasil pantauan menyebutkan  kinerja sebagian perangkat desa belum optimal. Terbukti tiap kali jam kerja banyak perangkat desa yang melakukan aktifitasnya sendiri. Bahkan kantor balai desa dibiarkan kosong dan tidak ada kegiatan pelayanan masyarakat.

Wabup menjelaskan bahwa untuk mengetahui kinerja dari pemerintah desa dilihat dari capaian APBDes-nya yang terselesaikan. Untuk evaluasi awal akan dilakukan pada saat pencairan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD), ditargetkan untuk pembangunan fisiknya terselesaikan pada akhir Desember. “Untuk pelayanan belum bisa kita lakukan evaluasi karena terkendala personil,” ujarnya.

Namun demikian, Wabup mengharapkan peran serta masyarakat untuk melakukan pengawasan dan bisa melaporkan ke Pemkab. Laporan masyarakat tersebut akan ditindak lanjuti dan diberikan pembinaan terhadap Pemdes yang tidak menjalankan tugas dengan baik.

Sementara itu, Ketua Komisi A DPRD Tuban, Agung Supriyanto mengatakan bahwa pemerintah desa harus meningkatkan kinerjanya, selain naiknya tunjangan mereka juga masih memperoleh tanah bengkok. Sehingga kesejahteraan perangkat desa saat ini sudah bisa dikatakan baik, itu perlu dipahami dan adanya peningkatan rasa tanggung jawab. “Target kita tahun ini lakukan sidak kedesa-desa terkait administrasi pengelolaan dana desa,” jelas Ketua DPD PAN Tuban tersebut.

Menurutnya, untuk tahun 2017 baru akan melakukan sidak terhadap paksanaan pembangunannya. Diharapkan desa menjalankan program dan mengelola dana desa maupun lainnya sesuai dengan aturan yang ada. “Pemdes harus berhati-hati, karena kesalahan kebijakan bisa masuk kategori korupsi,” pungkasnya. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author