Published On: Jum, Jul 29th, 2016

Pemkab Akan Berhentikan Sementara Kades Plumpang

TUBAN

seputartuban.com – Pemkab Tuban akan memberhentikan Kepala Desa Plumpang, Kecamatan Plumpang. Karena menjadi tersangka kasus dugaan korupsi renovasi fiktif Pasar Plumpang tahun anggaran 2013-2014.

Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein

Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein

Tmt, Kepala Desa Plumpang saat ini sudah menjadi tahanan Kejaksaan Negeri (Kejari) Tuban di Lapas kelas II B Tuban. Bersama Ketua Koperasi Pasar, Mt. Keduanya ditetapkan sebagai tersangka setelah hasil penyidikan dan audit Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Jatim ditemukan kerugian negara.

Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein, mengatakan pihaknya saat ini sedang melakukan proses proses penunjukkan Plt Kepala Desa Plumpang. Sedangkan yang bersangkutan akan diberhentikan sementara sambil menunggu proses hukum. Sedangkan untuk pemberhentian tetap, menunggu hasil keputusan dari pengadilan.

 “Kita berhentikan sementara sambil menunggu proses hukum,” kata Wabup kemarin.

Wabup berharap agar semua Kades berhati-hati dalam menggunakan anggaran desa. Selalu taat terhadap peraturan perundangan yang berlaku. Saat ini Pemkab Tuban terus melakukan pembinaan, pengawasan dan pendampingan agar tidak ada penyalahgunaan anggaran. “Kita terus lakukan pembinaan dan pelatihan agar pemerintah desa tidak melakukan kesalahan dan menuai masalah dikemudian hari,” ujar Wabup.

Diketahui, dari hasil penyidikan yang dilakukan oleh Kejari Tuban, bahwa ditemukan adanya dugaan proyek renovasi fiktif gedung pasar plumpang sebesar Rp. 285 Juta dari nilai dana proyek sebesar Rp 900 Juta yang bersumber dari APBN Tahun 2014.

Pengerjaan proyek tersebut dikerjakan menggunakan jasa pihak ketiga (kontraktor). Dengan nilai pengerjaan yang berbeda dari nominal kontrak awal.

Kedua tersangka akan dijerat pasal 2 Subs pasal 3 Undang-undang nomor 20 Tahun 2001, tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 30 Tahun 1999, tentang tindak pidana korupsi (Tipikor) dengan ancaman minimal 4 tahun. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author