Published On: Ming, Apr 17th, 2016

Pemerintah Pusat Desak Tuban Pakai Sistem Keuangan Desa Online

TUBAN

Direktur Pemberdayaan Masyarakat Desa Kemendes PDTT, Taufik Madjid

Direktur Pemberdayaan Masyarakat Desa Kemendes PDTT, Taufik Madjid

seputartuban.com – Untuk mewujudkan transparansi dalam pelaporan dan penggunaan keuangan desa, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mendesak pemerintah daerah (Pemda) agar berlakukan sistem keuangan desa Berbasis online.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Pemberdayaan Masyarakat Desa Kemendes PDTT, Taufik Madjid, dalam acara Konferensi Cabang (Konfercab) XVII Gerakan Pemuda ANSOR (GP ANSOR) Tuban, Sabtu (16/4/2016).

Dia mengatakan dalam penerapan sistem keuangan desa tersebut Kemendes PDTT bekerja sama dengan Kementerian dalam negeri (Kemendagri) dan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Diharapkan sistem tersebut dapat segera diterapkan di Kabupaten Tuban.

“Kita berharap semua daerah bisa terapkan sistem ini, termasuk untuk kabupaten Tuban. Beberapa daerah sudah menerapkan dan siap menerapkan sistem keuangan desa online,” jelasnya.

Dengan sistem keuangan desa online, bisa mengurangi penyalahgunaan keuangan desa. Sehingga masyarakat juga ikut berperan dalam mengawasi dan memberi masukan dalam pengelolaan keuangan desa yang dilakukan oleh Pemerintah Desa.

Taufik menambahkan, Kemendes PDTT akan melakukan sosialisasi penerapan sistem tersebut. Diantaranya, mengadakan program jelajah desa yang sementara waktu akan turun ke daerah-daerah se pulau Jawa dan pulau Sumatera, mulai (26/4/2016).

“Melalui program tersebut kita terus sosialisasikan ke daerah daerah. Selain itu program jelajah desa juga akan berupaya menyampaikan pemahaman seputar pendamping desa,” pungkasnya. USUL PUJIONO

Facebook Comments

About the Author