Published On: Rab, Sep 30th, 2015

Pemerintah Jamin Lahan Pertanian Tak Dicaplok Industri

MERAKURAK

LINDUNGI PETANI: Menteri Pertanian Amran Sulaiman saat melakukan panen raya jagung varitas P 21 di Desa Sumber, Kecamatan Merakurak, Rabu (30/09/2015) pagi.

LINDUNGI PETANI: Menteri Pertanian Amran Sulaiman saat melakukan panen raya jagung varitas P 21 di Desa Sumber, Kecamatan Merakurak, Rabu (30/09/2015) pagi. foto: Si Inteldim 0811 Tuban

seputartuban.com-Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, memastikan pemerintah akan melindungi lahan pertanian tak akan menyusut karena dicaplok pembangunan industri.

“Berbagai upaya kita lakukan agar lahan pertanian tidak semakin menyemput atau alih fungsi lahan yang dimanfaatkan untuk industri,” tegas Amran Sulaiman saat melakukan panen raya jagung varitas P 21 di Desa Sumber, Kecamatan Merakurak, Rabu (30/09/2015) pagi.

Penggawa kabinet kerja Presiden Joko Widodo ini, menjelaskan saat ini pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak seperti badan pertanahan nasional (BPN) dan kementerian terkait guna melindungi lahan pertanian akibat ekspansi industri.

Selain itu juga melakukan koordinasi dengan para kepala daerah, sehingga dalam melakukan perencanaan pembangunan dan pemberian izin untuk industri memperhatikan dampak-dampak yang ditimbulkan.

“Akan kita tekankan kepada pemerintah daerah agar memperhatikan lahan pertanian tidak tergeser untuk kepentingan industri,” kata Amran.

Tak cuma mempertahankan lahan pertanian, Mentan Amran juga berjanji akan terus melakukan upaya peningkatan hasil produksi pertanian. Sehingga Indonesia tidak lagi bergantung impor dari negara-negara tetangga.

Dalam acara panen raya jagung tersebut, Amran didampingi Pangdam V Brawijaya Mayor Jendral TNI Sumardi, Danrem 082/CPYJ Kol Inf Irham Waroihan serta Forpimda Tuban dan 100 petani.

Dari Merakurak rombongan kemudian melanjutkan acara panen raya serupa dan pencanangan sejuta jamban di Desa Ngadirejo, Kecamatan Widang. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author