Published On: Jum, Agu 12th, 2016

Pemdes Selogabus Perbaiki 2,850 Meter Jalan Lingkungan

PARENGAN

seputartuban.com – Sering tergenang karena luapan banjir Kali Kening menyebabkan jalan lingkungan Desa Selogabus, Kecamatan Parengan mengalami kerusakan parah pada sejumlah ruas. Kondisi itu menjadi perhatian Pemerintah Desa (Pemdes) dan akan memperbaiki badan jalan sepanjang 2.850 meter.

Kades Selogabus, Mustain

Kades Selogabus, Mustain

Jalan aspal yang sudah mulai mengelupas parah sepanjang 2.850 meter. Terbagi di 2 kawasan, yakn di Dusun Juwet dengan panjang 422 meter dan panjang 395 Meter. Serta 2 ruas di Dusun Pulo dengan panjang 900 meter, dan 443 meter, hingga jalan lingkungan Dusun Bedrek dengan panjang 690 Meter.

Kepala Desa Selogabus, Mustain mengatakan bahwa pengerjaan peninggian dan pembangunan ulang hingga pemeliharaan jalan tersebut menjadi prioritas. Karena masyarakat sudah sangat mengeluhkan dan meminta Pemdes segera melakukan pembangunan. Mengingat jalan poros itu merupakat akses utama masyarakat setempat.

PEDULI MASYARAKAT : Jalan lingkungan yang akan segera diperbaiki

PEDULI MASYARAKAT : Jalan lingkungan yang akan segera diperbaiki

“Hasil musyawarah masyarakat yang telah disepakati melalui Musrenbangdes, pembangunan itu jadi prioritas untuk kelancaran transportasi warga” terangnya Kamis (12/8/2016) pagi.

Menurutnya, seluruh ruas jalan lingkungan di desa tersebut saat ini kondisi kerusakanya mencapai 80%. Rusaknya hampir seluruh jalan lingkungan tersebut diakibatkan genangan air saat anak sungai bengawan solo meluap dan melumpuhkan 11 Desa di Kecamatan Parengan pada selasa (9/2/2016) lalu.

Sesuai program APBDes 2016, penggunaan Dana Desa (DD) tersebut digunakan untuk pengerjaanya pada beberapa ruas jalan. Masa pengerjaanya sudah dilakukan sejak pertengahan bulan Mei lalu. Diantaranya melakukan pengerjaan peninggian dan pembangunan ulang jalan lingkungan di tiga lokasi.

TERBUKTI : Jalan lingkungan yang sudah diperbaiki Pemdes Selogabus dari Dana Desa

TERBUKTI : Jalan lingkungan yang sudah diperbaiki Pemdes Selogabus dari Dana Desa

Bulan Mei hingga Bulan Juni lalu Pemdes sudah selesai mengerjakan pembangunan jalan lingkungan dengan panjang 422 meter di Dusun Juwet. Pada bulan bulan Juni telah selesai melakukan pembangunan jalan ingkungan dengan panjang 443 meter, dan pemeliharaan jalan dengan panjang 900 meter. “Pengerjaanya beberapa sudah dikerjakan sejak pertengahan Mei, sedangkan masa pengerjaanya menghabiskan waktu selama 30 hari per pekerjaan,” imbuhnya.

Sedangkan titik yang baru akan dilaksanakan pengerjaanya berada di Dusun Bedrek dengan panjang 690 meter. Serta melanjutkan pembangunan jalan lingkungan di Dusun Juwet dengan panjang 395 meter. Pengerjaan tahap kedua tersebut belum dapat dilaksanakan karena alokasi penggunaan dana tahap ke dua belum diterima pihak pemerintah desa.

Sedangkan antisipasi agar Kali Kening tidak kembali meluap kepemukiman warga, pihak Pemdes akan mengajukan pembangunan tanggul hingga pembangunan bronjong pada tahun anggaran selanjutnya. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author