Published On: Ming, Des 25th, 2016

Pemdes Jetak, Percepat Pembangunan Infrastruktur Dan Pemberdayaan Masyarakat

seputartuban.com, TUBAN – Pemerintah Desa (Pemdes) Jetak, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, telah mengoptimalkan penggunaan Dana Desa (DD) untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pemdes Jetak telah lakukan percepatan pembangunan infrastruktur maupun peningkatan program pemberdayaan masyarakat, untuk kemajuan desa.

Kepala Desa Jetak, Moh. Zuhri Ali, SH

Kepala Desa (Kades) Jetak, Moh Zuhri Ali, mengatakan terkait penggunaan DD, tahun ini pemerintahannya telah mengalokasikan anggaran untuk beberapa hal. Pemerintahanya berupaya melakukan percepatan pembangunan desa. “Pertengahan November, kami sudah tuntaskan semua program pembangunan Desa yang bersumber dari DD,” kata mas Jojo, panggilan akrabnya, Jumat (23/12/2016).

Sebagian besar masih digunakan untuk pembangunan infrastruktur, yang diantaranya, telah sukses melakukan pembangunan dan perbaikan infrastruktur jalan. Perbaikan infrastruktur jalan meliputi, pemeliharaan jalan lingkungan dengan pengaspalan hotmik sepanjang 175 meter di Dusun Ngemplak, Rukun Tetangga (RT) 15 Rukun Warga (RW) 02. Pengaspalan hotmik pada jalan lingkungan Dusun Krajan RT 07 RW 01 sepanjang 60 meter.

Pembangunan jalan makadam di Dusun Krajan RT 09 RW 01, pengerasan jalan makadam atau lapen jalan lingkungan Dusun Kebonagung  RT 17 RW 03 dan RT 20 RW 03. Pengerasan jalan makadam atau lapen jalan lingkungan Dusun Kerokan RT 21 RW 04 dan Dusun Boropetung RT 29 RW 05. Serta pembangunan saluran air kawasan jalan di RT 03 RW 01 Dusun Krajan.

Kades Jetak yang juga Ketua Asosiasi Kepala Desa (AKD) Kabupaten Tuban itu menegaskan program infrastruktur jalan itu untuk meningkatkan perekonomian warganya. Dengan mengutamakan pembangunan dan perbaikan infrastruktur jalan, maka semakin memudahkan warga untuk beraktifitas ekonomi, kesehatan dan lainya.

Untuk pemberdayaan masyarakat, pemerintahannya telah menggiatkan kegiatan kepemudaan melalui karang taruna berupa pengadaan alat alat olahraga, serta menggiatkan kegiatan keagamaan berupa pengajian rutin di tiap – tiap RW. Juga memberi fasilitas kegiatan pelatihan kepada LPMD, Ketua RT/RW, Perangkat Pemdes, dan BPD. “Kita sudah berupaya terus tingkatkan program pemberdayaan masyarakat,” masih kata Jojo.

Diketahui, Pemdes Jetak sudah memasang informasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) kepada masyarakat. Caranya dicetak dalam beberapa banner ukuran besar kemudian dipasang di pinggir jalan agar mudah dibaca masyarakat. Hal itu sebagai wujud keterbukaan pemerintah desa kepada masyarakatnya. USUL PUJIONO

Facebook Comments

About the Author