Published On: Sen, Feb 12th, 2018

Pemdes Jetak Optimalkan Penggunaan DD Demi Masyarakat 

seputartuban.com,  MONTONG – Pemerintah Desa (Pemdes) Jetak, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, dalam menggunakan anggaran Dana Desa (DD) tahun anggaran 2017 dimaksimalkan untuk kepentingan masyarakat. Mulai infrastruktur fasilitas umum hingga pemberdayaan masyarakat dan kepemudaan.

Kepala Desa Jetak, Moh. Zuhri Ali, S.H

Hal itu dilakukan Pemdes Jetak sesuai dengan aspirasi masyarakat dalam berbagai bentuk usulan, salah satunya melalui Musyawarah Desa. Diharapkan dengan berbagai kegiatan yang dilakukan akan berdamoak positif terhadap kemajuan desa dan kesejahteraan masyarakat.

Kepala Desa (Kades) Jetak, Moh Zuhri Ali,SH mengatakan terkait penggunaan DD melingkupi sejumlah program. Hal itu sangat perlu dilakukan untuk menjaga keseimbangan sosial dan pembangunan desa dari beberapa sisi.

“Tahun ini pemerintah desa telah mengalokasikan anggaran untuk beberapa hal dalam penambahan infrastruktur jalan,  sarana pendidikan dan kepemudaan,” Kata Kadea Jetak yang juga Ketua Asosiasi Kepala Desa (AKD) Kab. Tuban itu.

Akses jalan masih sangat perlu dilakukan, karena sebagai kebutuhan utama pemenuhan kelancaran aktivitas masyarakat. Baik digunakan perekonomian, kesehatan dan lainnya dalam sehari-hari. Jika akses jalan baik, makan akan mempermudah semua urusan masyarakat yang berhubungan dengan transportasi.

Perbaikan infrastruktur jalan meliputi, pemeliharaan jalan lingkungan dengan pengaspalan hotmik. Pembangungan jalan Dusun Ngemplak RT 013 RW 002 sepanjang 260 meter X 2,5 meter, dan Dusun Kerokan RT 023 RW 004  sepanjang 290 meter  X 2,5 meter. Serta Lapen jalan lingkungan Dusun Kebonagung 531 meter  X 2,5 meter.

Sedangkan untuk Hotmix jalan lingkungan Dusun Boropetung sepanjang 415 meter x 2,5 meter. Kemudian pembangunan Tembok penahan tanah(TPT) Dusun Krajan sepanjang 0,50 meter x241 meter. Pembangunan saluran air atau drainase Dusun Krajan sepanjang 0,40 meter X 183 meter, sekaligus dilakukan pemasangan saringan sampah pada saluran air rumah tangga 4 meter X 4 meter X 250 meter. Kades Jetak Moh Zuhri Ali atau akrab disapa Jojo, menegaskan program infrastruktur jalan itu untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Bukan hanya infrastrukturnya akan tetapi juga gedung pendidikan sekaligus pemberdayaan masyarakat dan kepemudaan. Untuk pemberdayaan masyarakat, pemerintahannya telah menggiatkan kegiatan kepemudaan melalui karang taruna dengan memberikan fasilitas pembangunan lapangan volly yang ada di Dusun Gaplok, Dusun Kerokan, Dusun Ngemplak. Juga lapangan sepak bola dan bulu tangkis. Serta untuk pembinaan masyarakat, memberikan fasilitas kegiatan PKK, penyelenggaraan lomba lingkungan bersih skala desa, sekaligus peningkatan peran Tim KB Desa.

Dengan Adanya dana APBDes yang cukup besar sudah dilakukan secara transparan kepada masyarakat. Selain diinformasikan secara langsung melalui pertemuan-pertemuan, juga dipasang banner informasi APBDes tahun anggaran 2017 di jalan desa yang posisinya strategis. “Semoga semua program bisa dapat terselesaikan dengan baik dan bisa cepat di manfaatkan oleh masyarakat,” tegasnya. RHOFIK SUSYANTO/NAL

Facebook Comments

About the Author