Published On: Rab, Des 7th, 2016

Pemdes Bringin Sukses Tingkatkan Infrastruktur Desanya

MONTONG

seputartuban.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Bringin, Kecamatan Montong dalam penggunaan Dana Desa (DD) tahun 2016 telah memprioritaskan pembangunan Infrastruktur jalan lingkungan desa. Hal it untuk meningkatkan perekonomian warga. Pembangunan juga dilakukan untuk Kantor PKK dan Pondok Bersalin Desa (Polindes) demi kesejahteraan masyarakat.

SUDAH MULUS : Pengaspalan jalan memudahkan warga dalam aktifitas harian

SUDAH MULUS : Pengaspalan jalan memudahkan warga dalam aktifitas harian

Kepala Desa (Kades) Bringin, Subandi, menyampaikan, dengan DD pemerintahan desanya tahun ini telah melakukan perbaikan Jalan lingkungan di tiga Dusun, yakni Jalan Lingkungan Dusun Krajan, Madusalam, dan Gunung Nolo. Dengan rincian jalan lingkungan Dusun Krajan yang diperbaiki sepanjang 200 Meter. Kemudian jalan lingkungan Dusun Madusalam yang diperbaiki hingga sepanjang 250 meter, sedangkan Jalan Lingkungan Dusun Gunungnolo sepanjang 150 meter telah diperbaiki. “Tembok Penahan Tanah (TPT) sepanjan jalan lingkungan Dusun Madu salam, dan Dusun Gunung Patul juga sudah kita perbaiki,” katanya, Senin (5/12/2016).

Pihaknya mengutamakan pembangunan dan perbaikan infrastruktur jalan untuk mempermudah aktivitas harian warga. Dengan demikian perekonomian warganya bisa tertopang melalui kemudahan akses jalan desa. “Akses jalan yang baik yang paling dibutuhkan warga saat ini, karena sebagai akses warga untuk peningkatan ekonomi mereka,” ujar Subandi.

Pemdes Bringin tahun ini juga sukses membangun Kantor PKK untuk desanya. “Sebelumnya kami belum memiliki kantor PKK, alhamdulillah dengan adanya Dana Desa tahun ini kami sudah bisa mendirikan. Dengan adanya kantor PKK ini bisa memberdayakan PKK untuk aktif membuat kegiatan,” ungkap Subandi.

Gedung Polindes juga sukses dibangun, dengan demikian kedepannya bisa memberi pelayanan kesehatan yang terbaik untuk warga Desa Bringin. “Pelayanan kesehatan juga sangat penting. Makanya kita bangunkan Gedung Polindes untuk melayani masyarakat,” lanjutnya.

Selain pembangunan infrastruktur, pihaknya dalam mempergunakan dana dari anggaran pendapatan belanja negara (APBN) tersebut juga untuk pemberdayaan kepemudaan melalui Karang Taruna Desanya. “Kami juga terus mendorong karang taruna, seperti menggiatkan kembali kegiatan peringatan 17 agustusan, serta menghidupkan beberapa kegiatan olahraga dengan memberi fasilitas kepada mereka seperti pengadaan alat-alat olahraga,” masih kata Subandi.

Melalui DD, Pemdes-nya juga lebih giat lagi menghidupkan kegiatan rutin keagamaan dan kebudayaan desanya. Diantaranya, Pengajian Rutin ditiap-tiap Rukun Warga (RW) di Desa Bringin, Peringatan Haul Makam Buyut Bringin, hingga Sedekah Bumi. USUL PUJIONO

Facebook Comments

About the Author