Published On: Jum, Mei 30th, 2014

Pembuktian Ilmiah Jangkar Kapal Dampu Awang Masih Terkendala

Share This
Tags

TUBAN

BELUM DITELITI : Jangkar Dampu Awang, saksi sejarah Tuban ini belum pernah diteliti secara ilmiah.

BELUM DITELITI : Jangkar Dampu Awang, saksi sejarah Tuban ini belum pernah diteliti secara ilmiah.

seputartuban.com – Jangkar kapal yang diduga Dampu Awang, seorang saudagar cina yang sudah berusia sekitar 1500 tahun lalu berada di Desa Bancar, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban.  Dipastikan Dinas Perekeonomian dan Pariwisata (Disperpar) Pemkab Tuban sebagai salah satu bukti sejarah Tuban. Jangkar tersebut memiliki berat hingga 2 ton.

Sekretaris Dispepar Pemkab Tuban, Endang Trimedyain saat dikonfirmasi, Selasa (27/5/2014) menegaskan jangkar tersebut bukti sejarah Tuban. Sesuai cerita rakyat yang berkembang dan beberapa bukti lain bahwa kapal Cina milik Dampu Awang bersandar dikawasan pantai Kabupaten Tuban.

Mei panggilan Endang Trimedyain juga membenarkan adanya penemuan jangkar serupa namun berbeda ukuran. 2 jangkar ditemukan tidak jauh dari desa setempat. Diduga jangkar tersebut berumur hampir sama. Namun sampai saat ini pihaknya belum bisa memastikan secara ilmiah.

Karena kadar besi jangkar rusak. Karena lama terendam air laut sehingga kadar garam terlalu tinggi. ” Kita sudah coba telusuri, namun kisah terkait warga menjelaskan ada hubungan dengan kisah tuban, ” jelasnya.

Terkait hak kepemilikan, Mei menyerahkan kepada pemerintahan desa setempat. Untuk penjagaan, kelola sampai hak gunanya. “Tetap itu benda bersejarah, kalau dijual tetap tidak boleh oleh warga, tidak mungkin dijual,” katanya yakin. HANAFI

Facebook Comments

About the Author