Published On: Rab, Apr 30th, 2014

Pemberkasan CPNS Guru K2 Terkendala SK

Share This
Tags

TUBAN

K2 melihat pengumuman

PENGUMUMAN : Tenaga K2 saat melihat pengumuman kelulusan tes CPNS di Kantor BKD Tuban

seputartuban.com –  Banyaknya persyaratan pemberkasan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)  jalur guru Kategori 2 (K2) membuat peserta harus teliti mempersiapkan berkas-berkas pendukung. Kendala yang dialami adalah banyaknya kesalahan Surat Keputusan (SK) yang diterbitkan pihak Kepala Sekolah saat peserta menjadi tenaga didik di sekolahannya.

Dari pantauan seputartuban.com, hampir dari 257 CPNS jalur guru ditemukan ketidaksinambungan penerbitan surat tugas ataupun surat keputusan. Hal ini tentu saja menambah pekerjaan para CPNS dalam melengkapi pemberkasan.

Seperti yang disampaikan Mashuri, salah satu peserta CPNS saat dikonfirmasi, Selasa (29/04/2014) di Kantor Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, mengatakan pihak Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Tuban sangat jeli dalam meneliti setiap lembar berkas. Hampir semua peserta jalur guru ditemukan kesalahan SK yang dibuat pihak Kepala Sekolah. “Biasanya antara tanggal diterbitkan SK tidak ada masa berlakunya sampai kapan. Ada lagi, terkadang nomor surat tidak sesuai dengan bulan saat SK diterbitkan”, jelasnya.

Menurutnya, setiap peserta yang SK-nya salah harus dilengkapi dengan absen selama dia mengajar saat itu. Karena SK yang sudah diterbitkan tidak boleh direvisi. “Misalnya ketika SK saya yang diterbitkan kepala sekolah tahun 2010 itu salah. Maka saya harus melengkapi absen selama saya mengajar pada tahun 2010 itu, karena SK ini diterbitkan kepala sekolah setiap tahun,” imbuh Mashuri.

Sementara itu Ketua BKD Tuban, Nur Hasan, membenarkan bahwa pihaknya banyak menemukan kesalahan dalam penerbitan SK dari kepala sekolah masing-masing. Sehingga harus didukung bukti absen selama mengajar.

Kesalahan ini dianggap tidak fatal, hanya saja ketika tidak didukung dengan absensi, dikhawatirkan saat berkas diserahkan ke BKN dan diverifikasi ulang ditemukan kesalahan dan dikembalikan karena data tidak valid

“Ya memang kendalanya itu, SK yang diterbitkan Kepala Sekolah itu tidak berkesinambungan, antara nomor surat, tanggal penerbitan serta masa berlaku SK dan Kop surat juga banyak yang salah ,” jelasnya. AMIN

Facebook Comments

About the Author