Published On: Ming, Feb 21st, 2016

Pemberantasan Pengolahan Minyak Mentah Ilegal Harus Bersama

TUBAN

PUING KEBAKARAN: Gedung SDN Kaligede 2 Senori yang jadi arang.

PUING KEBAKARAN: Gedung SDN Kaligede 2 Senori yang jadi arang. Kebakaran diduga kuat akibat aktifitas pengolahan minyak mentah ilegal.

seputartuban.com – Polres Tuban tengan menyiapkan langkah penanganan bersama pengolahan minyak mentah yang beroperasi secara ilegal di Tuban. Pasalnya kejadian kebakaran yang mengorbankan Gedung SDN Kaligede II, Kecamatan Senori Selasa (15/9/2015) lalu. Bangunan usai direhab berat tahun 2012 senilai Rp. 235 juta itu rusak parah. Bahkan menyebabkan proses belajar siswa sangat terganggu.

Kasubbag Humas Polres Tuban, AKP Elis Suendayati mengatakan Polres Tuban akan mengumpulkan sejumlah pihak untuk menangani hal ini. Dilakukan pembahasan dengan para pihak terkait.  Karena aktifitas pengolahan minyak mentah ilegal terbukti sangat membahayakan.

“Itu sudah dilakukan pembahasan oleh pak Kapolres beberapa hari lalu, hasilnya tidak hanya kami dari pihak kepolisian yang akan melakukan pengawasan. Namun kami akan mengundang beberapa pihak terkait pasca kebakaran yang bersumber dari pengeelolaan minyak oleh warga itu,” terang Elis kemarin lalu.

Diantaranya Pemkab Tuban, maupuh Badan Pengatur Hilir Minyanyak dan Gas Bumi. Untuk membahas aktivitas masyarakat yang mengolah minyak mentah secara manual tersebut. “Akan sangat fatal bila pengelolaanya tidak dilakukan dengan benar,” lanjutnya.

Hingga kini kasus kebakaran yang diduga kuat akibat aktifitas pengolahan minyak mentah di Desa Kaligede, Kecamatan Senori waktu itu masih ditangani Polres Tuban. Kabar terakhir pasca kejadian, tim labfor Polda Jatim memeriksa sampel dari lokasi kebakaran. Sedangkan penyebab, saksi yang diperiksa maupun siapa yang harus bertanggung jawab didepan hukum hingga kini belum dipublikasikan. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author

Videos