Published On: Sel, Des 18th, 2012

Pembatasan Pembelian BBM Dengan Jerigen Ditinjau Ulang

Share This
Tags

Penulis : Hanafi

TUBAN

seputartuban.com – Penjual bensin eceran sedikit bisa bernafas lega, pasalnya pembatasan pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium atau bensin dengan menggunakan jerigen akan ditinjau ulang. Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan, Dinas Perekonomian dan Pariwisata, Kabupaten Tuban, Imron Achmadi, Senin (17/12/2012).

Karena dampak pembatasan pembelian bensi degan jerigen membuat warga resah. Karena bensin mulai menghilang di kios-kios pengecer, akhirnya dalam waktu dekat pembatasan tersebut akan dihapus.

Melalui surat edaran Dinas Perekonomian dan Pariwisata, Kabupaten Tuban, No 511 / 1859/ 414.055/2012 pada tanggal 26 November 2012. Yang berisi tentang pemberhentian pemberian rekomendasi pembelian BBM untuk usaha mikro untuk membeli BBM dengan menggunakan jerigen.

Untuk itu, direncanakan pada hari Kamis (20/12/2012), Dinas Perekonomian dan Pariwisata Kabupaten Tuban akan menggelar rapat koordinasi. Dengan melibatkan dinas terkait dan Pertamina. Dan membahas pemberlakuan ulang pembelian bensin dengan menggunakan jerigen.

“Untuk bensin sudah lampu hijau, dalam waktu dekat akan menerbitkan rekom untuk bensin ke kios dan UMK, namun masih belum final. Untuk solar tidak boleh beli dengan jurigen sebelum adanya putusan, ” ungkapnya Imron Achmadi.

Pembelian BBM dengan jenis bensin untuk pedagang eceran/kios, harus mengantongi rekomendasi dari Dinas Perekonomian dan Pariwisata. Sedangkan jika dipergunakan untuk keperluan pertanian maka harus mengantongi rekomendasi dari Dinas Pertanian.

Terpisah, Staf Humas Regional 5 Pertamina Surabaya, Rustam Aji, saat dikonfirmsi mengatakan penambahan kuota untuk BBM ini memang dilakukan sesuai regulasi yang ditetapkan pemerintah pusat. Terkait pemberhentian rekomendasi pembelian dengan menggunakan jerigen, menjadi kewenangan Pemkab Tuban.

“Kami hanya menjalankan regulasi pengiriman BBM saja. Penambahan itu tujuannya agar usaha mikro dan eceran bisa membeli, terserah Pemkab yang mengatur,” katanya.

Foto : Suasana antrean pembelian BBM di salah satu SPBU

Facebook Comments

About the Author