Published On: Ming, Feb 26th, 2017

Pembangunan Mega Proyek Kilang Minyak Mulai Juli

seputartuban.com, TUBAN-Kilang Minyak milik PT Pertamina (Persero) dan Rosneft Oil Company asal Rusia yang akan didirikan di Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban akan mulai dibangun Juli mendatang. Hal itu sesuai dengan hasil pertemuan oleh pihak Pertamina, Rosneft dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Tuban Jumat (24/2/2017).

Kabag Humas dan Protokoler Setda Kab. Tuban, Agus Wijaya

Kabag Humas dan Protokol Setda Pemkab Tuban, Agus Wijaya mengatakan pertemuan tersebut untuk sharing perkembangan pelaksanaan mega proyek kilang Jenu dengan pemaparan dari Pertamina. “Pemaparan dari Pertamina selaku koordinator proyek dan Gatot Harsono selaku senior wakil presiden aset Manajemen dihadapan Forkopimda Tuban,” kata Agus Wijaya, Sabtu (25/2/2017).

Mantan Camat Montong itu menambahkan untuk peletakan batu pertama rencananya akan dimulai pada tanggal 3 juli mendatang oleh Presiden RI. Sedangkan perizinan masih dalam proses penyelesaian. Harapan Pemkab Tuban dengan dibangunnya perusahaan baru itu dapat terbukanya lapangan kerja. Sehingga warga Tuban yang ada disekitar perusahaan dapat ikut bekerja. “Dapat membuka lapangan kerja dan terserap dalam mega proyek, serta dapat menambah PAD Tuban,” harapnya.

Diketahui, untuk mendukung kilang Pertamina-Rosneft juga akan dibangun beberapa fasilitas penunjang, diantaranya, jetty, jalur pipa bawah laut, Single Point Mooring (SPM). Tangki penyimpanan minyak mentah, komplek utilitas dan perkantoran.

Dari 400 hektar lahan yang dibutuhkan, seluruhnya  sudah selesai. Lahan yang berlokasi di Desa Remen, Desa Mentoso, Desa Rawasan, Desa Wadung, dan Desa Kaliuntu Kecamatan Jenu. Dengan rincian 340 hektarnya milik Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan 60 hektarnya milik PT Pertamina. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author