Published On: Kam, Agu 4th, 2016

Pembangunan Lanjutan Pasar Besar Tuban Menunggu Proses Hukum

TUBAN

seputartuban.com – Pelaksanaan pembangunan Pasar Besar Tuban (PBT) atau Pasar Mondokan akan dilanjutkan setelah proses hukum selesai. Karena saat ini Pemkab Tuban tengah menggugat rekanan yang tidak bisa menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan kontrak kerja yang telah disepakati.

SIA-SIA: Inilah potret Pasar Baru Mondokan milik Pemkab Tuban yang sudah 12 tahun  mangkrak.

SIA-SIA: Inilah potret Pasar Baru Mondokan milik Pemkab Tuban yang sudah belasan tahun
mangkrak.

Kontrak kerjasama dengan PT KBS selaku rekanan pertama Pasar Mondokan dilakukan oleh Pemkab Tuban sejak tahun 2002. Karena hingga tahun 2008 belum bisa menyelesaikan pekerjaan maka kontrak tersebut diputus. Kemudian Pemkab Tuban melakukan tender lagi yang dimenangkan oleh PT. HK. Lagi-lagi bermasalah, pemenang tender kedua itu tidak berani mengerjakan pembangunan. Karena dianggap Pemkab Tuban masih memiliki permasalahan dengan rekanan pertama.

Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Tuban, Arif Handoyo mengatakan Pemkab Tuban sedang menggugat kepada PT KBS. Menindaklanjuti temuan audit BPK. Bahwa bangunan pasar mondokan tersebut harus masuk dalam aset daerah. Gugatan terhadap PT KBS tersebut didaftarkan ke Pengadilan Negeri Tuban pada 5 April lalu. Kamis (4/8/2016) dilakukan persisangan yang ke-6 dengan materi pembuktian dari penggugat dan tergugat. “Kita sudah melakukan gugatan terhadap PT. KBS, saat ini masih proses di PN Tuban,” kata Arif Handoyo, kemarin.

Sedangkan dasar gugatan tersebut adalah surat perjanjian kontrak yang tidak bisa dilaksanakan oleh rekanan sesuai dengan waktu yang telah disepakati.  Arif menambahkan bahwa saat ini diharapkan semua pihak bisa bekerjasama sehingga proses hukum dapat terselesaikan dan segera dilakukan pembangunan lanjutan. “Setelah sidang ini akan ada lagi sidang lanjutan yaitu keterangan saksi, semoga semua pihak bisa berperan aktif dan masalah ini cepat terselesaikan,” harap Kabang Hukum Setda Pemkab Tuban yang telah menjabat selama 16 tahun itu.

Diketahui, pada tahun 2012 lalu telah dilakukan kontrak baru dengan PT HK. Hanya saja kontrak ini tidak berjalan karena alasan adanya sengketa antara kedua rekanan tersebut. Dalam pembangunan Pasar Mondokan Pemkab tuban hanya menyediakan lahan.  Sedangkan pembangunannya dilaksanakan oleh rekanan sepenuhnya. Selain itu, dalam pengelolaannya akan dikelola oleh investor. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author

Displaying 1 Comments
Have Your Say
  1. Margianto berkata:

    Mudah2an cepat kelar..& sebaiknya selanjutnya pendanaanya pake APBD bukan murni rekanan (JOB)..biar tdk ruwet??