Published On: Jum, Jul 1st, 2016

Pelunasan BPHI 24 CJH Masih Tertunda

TUBAN

seputartuban.com – Masa pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) bagi jemaah haji reguler sudah ditutup per 30 juni lalu. Namun hingga kini masih ada 24 Calon Jamaah Haji (CJH) yang belum melunasi BPIH tersebut.

Kasi Haji dan Umroh Kantor Kemenag Tuban, Abdul Ghofar

Kasi Haji dan Umroh Kantor Kemenag Tuban, Abdul Ghofar

Kasi Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban, Abdul Ghofar, mengatakan CJH yang telah melunasi BPIH sebanyak 713 jamaah haji atau 97 persen dari total CJH yang sebanyak 737 orang.

Pelunasan BPIH Reguler sebenarnya berakhir per-10 Juni, berhubung masih banyak CJH yang belum mengetahui informasi pelunasan serta beberapa kendala lainnya maka Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah membuka Pelunasan BPIH reguler tahap II pada 20 – 30 Juni. “Namun hingga 30 Juni kemarin belum semua jamaah haji sanggup melunasi,” ujarnya.

Sedangkan per 10 Juni kemarin CJH yang sudah melunasi BPIH sebanyak 689 jamaah haji atau 93 persen dari total CJH kabupaten Tuban. “Memang sebelumnya ada yang tidak tahu jadwal pelunasannya. Tapi untuk yang tahap II, bisa kami pastikan semua CJH mengetahui,” lanjutnya.

Ghofar menegaskan, untuk CJH yang belum melunasi BPIH masih diberi tenggang waktu untuk melunasinya. Melalui pernyataan tertulis untuk segera melunasi dengan tempo atau jangka waktu yang secepatnya.

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan nama sebanyak 868 CJH yang dipastikan siap diberangkatkan. Jumlah tersebut sudah termasuk 737 jumlah awal. “Jika yang nama-nama awal masih belum sanggup melunasi BPIH, maka beberapa orang di daftar tunggu yang siap melunasi yang menggantikan. Serta sejumlah itu (868 CJH) juga disiapkan jika nantinya ada tambahan kuota pemberangkatan untuk Tuban,” jelasnya.

Pelunasan BPIH tersebut sebagai salah satu syarat pemberangkatan jamaah Haji 2016. Diketahui, BPIH tahun ini ditetapkan Rp 34,6 Juta. Terkait waktu pemberangkatan, Ghofar memperkirakan sekitar tanggal 27 Agustus. “Masih menunggu informasi dari pusat,” pungkasnya. USUL PUJIONO

Facebook Comments

About the Author