Published On: Kam, Mar 30th, 2017

Pelunasan Biaya Haji Dipastikan Awal April

seputartuban.com, TUBAN – Bagi Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Tuban yang masuk dalam daftar tunggu pemberangkatan 2017 segera menyiapkan diri melakukan pembayaran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH). Pelunasan harus dilakukan pada awal hingga pertengahan April 2017.

Namun pihak Kementrian Agama Kabupaten Tuban belum dapat memastikan jumlah BPIH yang harus dibayar CJH. Karena belum mendapat surat edaran resmi dari pemerintah pusat atau Kementrian Agama

Plt. Kasi Haji Kantor Kemenag Kabupaten Tuban, Siti Maulidiyah mengatakan sampai saat ini pihaknya belum menerima edaran resmi atau Keputusan Presiden (Keppres) tetang pelunasan biaya haji. Namun diperkirakan akan dimulai awal April hingga pertengahan April.

“Kita masih menunggu Keppresnya, mungkin minggu ini akan kita terima,” jelas Plt. Kasi Haji Kankemang Tuban, Siti Maulidiyah saat dihubungi seputartuban.com, Rabu (29/3/2017).

Saat ini sedang dilakukan pengurusan paspor CJH. Sedangkan kuota untuk Kabupaten Tuban diperkirakan ada sekitar 800 orang. “Untuk Tuban diperkirakan ada sekitar 800 calon jamaah haji,” sambungnya.

Maulidiyah memambahkan bagi semua calon jamaah haji yang masuk dalam kuota tahun ini diharapkan segera melengkapi persyaratan pengurusan Paspor. Setelah ada surat resmi dari pusat untuk pelunasan BPIH akan segera disampaikan kepada yang bersangkutan. “Bagi yang belum melengkapi persyaratan pengurusan paspor diharapkan segera melengkapinya, seperti hasil cek kesehatan,” jelasnya.

Selanjutnya, Kantor Kemenag Tuban akan melakukan bimbingan manasik haji bagi mereka yang akan berangkat tahun ini. Semua kegiatan manasik haji dibiayai oleh Kemenag melalui dana dari pusat. “Untuk manasik haji yang terakhir biasanya kita kerjasama dengan Semen Indonesia yaitu meminjam tempatnya,” pungkasnya.

Diketahui, saat ini BPIH masih diajukan oleh Menteri Agama untuk ditandatangani oleh Presiden RI. Sebelumnya, rapat yang dilakukan Kementerian Agama dengan Komisi VIII DPR RI telah menyepakati besaran BPIH 2017 rata-rata sebesar Rp. 34.890.312 atau naik sekitar Rp. 249.008 (0,72 persen) dibanding ongkos haji tahun lalu. MUHAIMIN

Facebook Comments

About the Author