Published On: Sen, Mar 10th, 2014

Pelipatan Surat Suara Pemilu Diserahkan PPK

Share This
Tags

TUBAN

seputartuban.com – Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) nampaknya harus siap-siap menerima pekerjaan yang cukup menyita perhatian. Karena Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Tuban menyerahkan pekerjaan pelipatan surat suara Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2014 PPK, dengan biaya pelipatan Rp. 100 tiap surat suara.

KPUD Tuban

BAGI TUGAS : Divisi Logistik KPUD Kabupaten Tuban, Heru Prapto, menunjukkan surat suara Pemilu yang pelipatanya akan diserahkan kepada PPK

Divisi Logistik KPUD Kabupaten Tubanm Heru Prapto saat dikonfirmasi di Gudang Logistik KPUD Tuban, Senin (10/3/2014) mengatakan pihaknya hanya akan melakukan pemisahan surat suara berdasarkan daerah pemilihan (Dapil). Sedangkan pekerjaan pelipatan diserahkan PPK dibawah pengawasan KPUD Tuban.

Pekerja diwajibkan tidak kader Partai Politik (Parpol) peserta pemilu. Dengan upah Rp. 100 tiap surat suara yang dilipat. Pembagian pekerjaan ini diharapkan akan lebih mempercepat pekerjaan pelipatan surat suara.

“Pelipatnya tidak jadi kita lakukan di KPU, namun akan kita serahkan kepada tiap-tiap PPK untuk menyortir dan melakukan pelipatan surat suara. Petuga pelipatan surat suara tidak boleh dari anggota partai politik, untuk menjaga netralitas dan keamanan surat suara,” jelas Heru.

Apabila ditemukan surat suara yang rusak segera dilaporkan ke KPU Tuban. Hingga saat ini surat suara yang sudah diterima KPUD Tuban untuk Caleg DPR RI, DPRD Propinsi, dan DPRD Kabupaten. Sedangkan untuk surat suara DPD belum diterima. “Yang belum datang surat suara untuk DPD, namun besok sudah bisa kita terima dan akan kita bagi untuk tiap-tiap Kecamatan,” ungkapnya.

Diketahui, jumlah surat suara yang diterima oleh KPUD Tuban sesuai dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yaitu 922.858 lembar ditambah 2 persen, jumlahnya sebanyak 941.315 lembar untuk tiap-tiap surat suara, mulai dari DPR RI, DPRD Propinsi, DPRD Kabupaten, dan DPD.

Direncanakan akan mulai didistribusikan ke 20 PPK, Kamis (13/3/2014) dengan menggunakan 2  armada truk. “Hari Kamis besok akan kita mulai distribusikan, kita tidak bisa memperediksi berapa hari. Namun secepatnya akan kita usahakan bisa selesai,” pungkasnya. (lis)

Facebook Comments

About the Author