Published On: Jum, Jun 27th, 2014

Pelipatan Surat Suara Minim Pengamanan Polisi

TUBAN

TIDAK ADA POLISI: Salah satu proses pekerjaan pelipatan suara untyuk PIlpres 2014  di Kabupaten Tuban, Jumat (27/06/2014) siang.

TIDAK ADA POLISI: Salah satu proses pekerjaan pelipatan suara untyuk PIlpres 2014
di Kabupaten Tuban, Jumat (27/06/2014) siang.

seputartuban.com–Proses pelipatan surat suara di Tuban untuk pilpres 9 Juli mendatang ternyata sangat minim pengamanan dari aparat kepolisian. Bahkan, ada beberapa kecamatan yang tidak dijaga polisi.

Berdasar pantauan Panwaslu Tuban, akibatnya minimnya pengamanan membuat pelaksanaan pelipatan suara terkesan asal-asalan dan bahkan cebderung tidak selektif. Sebab, banyak pelipatannya dilakukan tidak di satu ruangan.

Sesuai tahapan yang dijadwalkan KPU, proses pelipatan suara yang mulai dikerjakan 26 Juni lalu, Sabtu (28/06/2014) besok sudah harus rampung. Selanjutnya akan dilakukan pengepakan tiap-tiap PPS.

“Mestinya KPU atau PPK berkoordinasi dengan pihak kepolisian dalam pelaksanaan pelipatan. Hal itu untuk memberikan rasa aman terhadap dokumen negara. Sebab ada yang dijaga (polisi) ada yang tidak.Juga ada yang hanya patroli saja,” ungkap Divisi Penindakan dan Penanganan Pelanggaran Pemilu Panwaslu Tuban, Edy Thoyibi, Jumat (27/6/2014).

Menurut dia, panwaslu sangat menyesalkan tindakan yang dilakukan oleh beberapa PPK, karena terkesan menyepelekan dokumen negara yang seharusnya bersifat rahasia. Kondisi  ini harus dijaga meskipun belum dilaksanakan pencoblosan kaena rawan kcurangan.

Selain itu, lanjut Edy, pihaknya juga sudah menyarankan kepada beberapa PPK agar segera melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian setempat atau KPU Tuban.

“Seharusnya surat suara itu dilakukan pengamanan yang sesuai dengan prosedur. Karena ini adalah dokumen yang berharga, bukan cuma selembar kertas yang pelipatannya dilakukan seenaknya sendiri dan tidak dalam satu ruangan. Saya melihat kesannya meremehkan.” papar dia.

Dihubungi terpisah, Kabag Ops Polres Tuban Kompol Suhartono, mengaku sudah memerintahkan kepada jajaran di bawahnya untuk melakukan pengamanan pada saat proses pelipatan surat suara. Karena itu merupakan hal yang sangat fital dan perlu adanya pengamanan.

“Sesuai dengan protabnya kegiatan itu harus diamankan dan dijaga sebagai bentuk antisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Suahartono.  MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author