Published On: Sen, Agu 8th, 2016

Pelebaran Jalan Merakurak Telan Biaya Rp 12,5 Miliar

TUBAN

seputartuban.com – Volume kendaraan yang terus meningkat harus sebanding dengan peningkatan kapasitas jalan. Diantaranya dilakukan pelabaran untuk memperlancar arus lalu lintas maupun menjaga keselamatan pengguna jalan.

PENINGKATAN JALAN : Proyek pelebaran jalan di Kecamatan Merakurak sedang dikerjakan

PENINGKATAN JALAN : Proyek pelebaran jalan di Kecamatan Merakurak sedang dikerjakan

Melalui APBD 2016 Pemkab Tuban Dinas Pekerjaan Umum (Dinas PU) Pemkab Tuban melakukan pelebaran jalan Tuban-Merakurak. Panjang jalan 1,2 kilometer dengan anggaran sebesar Rp 5 miliar. Serta jalan Merakurak-Jenu panjang 2 kilometer dengan anggaran Rp 7,5 miliar.

Untuk jalan Tuban-Mrakurak mulai dari SMPN 4 Tuban hingga Jembatan Mulung, yang akan dilakukan pelebaran dari 5 meter menjadi 9 meter. Sedangkan jalan Merakurak-Jenu akan dilakukan pelebaran dari sebelumnya 4 meter menjadi 6 meter.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Tuban, Choliq Qunnasich mengatakan untuk APBD 2016 ini masih prioritas perbaikan dan pelebaran jalan. Jalan Tuban-Merakurak sangat perlu, namun tahun ini belum bisa tuntas masih ada sisa sekitar kurang lebih 1 kilometer. “Kekurangannya akan kita upayakan dibangun tahun ini melalui P-APBD dan sudah kita carikan dana dari pusat,” jelasnya.

Pengerjaan pelebaran jalan tersebut akan berlangsung selama 3 bulan mulai Agustus hingga Oktober mendatang. Bila sampai batas waktu pengerjaan tersebut belum selesai maka akan diberikan sanksi kepada rekanan selaku pemenang tender.

Sementara itu, selain pembangunan jalan di Merakurak, juga dilakukan pembagunan jalan Plumpang-Compreng, Pakel-Parengan, Pakis-Wangun dan Semanding-Kepet. Ke-empat proyek tersebut memakai kontruksi beton, sebab kondisi tanahnya lembek. Namun untuk melakukan pembangunan dengan kontruksi beton membutuhkan anggaran dua kali lipat. “Untuk daerah yang kondisi tanahnya lembek kita pakai kontruksi beton, tetapi biayanya lebih mahal,” jelas Choliq. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author