Published On: Sel, Mei 1st, 2012

Pelamar Kerja Banyak Yang Tak Lapor, Data Pencari Kerja Kurang Akurat

Share This
Tags

Penulis : Hanafi

TUBAN

seputartuban.com – Data pelamar kerja Dinas Sosial dan Ketenagakerjaan Pemkab Tuban, nampaknya belum sepenuhnya sesuai kenyataanya. Pasalnya hal ini dipengaruhi tingkat kesadaran masyarakat terhadap kepedulian untuk melapor diri setelah meminta kartu kuning sebagai syarat melamar kerja.

Tercatat  selama tahun 2011 hingga bulan April 2012 ini regulasi pemintaan Kartu Kuning mencapai 11.549 orang. Dan dari data tersebut selama tahun 2012 saja tercatat sudah ada 278 pendaftar baru.

Namun setiap pendaftar baru setelah mendapatkan pekerjaan, sedikit sekali yang melapor ke Dinas Sosial dan Ketenaga kerjaan Kabuten Tuban. Dari data tersebut diatas setelah diteliti golongan umur 20 hingga umur 30 tahun sebanyak 5.778 orang.  Data ini merupakan golongan umur terbanyak pencari kerja dari pada golongan umur diatasnya.

Yakni untuk gol umur 30 hingga umur 40 sebanyak 2.681, dan di atas umur 40 sejumlah 3.090 orang. Namun dari banyaknya jumlah penerima Kartu Kuning yang ada di Kabuoaten Tuban ini, masih banyak yang belum melaporkan ke Dinas Sosial Ketenagakerja Tuban, setelah mendapatkan pekerjaan. Sehingga hal ini menghambat keakuratan data pencari kerja di Kabupaten Tuban.

Sedangkan jumlah pelamar kerja aktif yaitu sejumlah 14.397 orang terdiri dari pencari aktif laki laki sebanyak 9.005 dan pencari kerja aktif perempuan sebanyak 5.392orang.

Sekretaris Dinas Sosial Tenaga Kerja Kabupaten Tuban, Mudjiono kepada seputartuban.com, Selasa (1/6/2012) mengatakan bahwa para pekerja aktif saat ini sudah banyak yang mendapatkan pekerjaan.

“setiap pencari kerja aktif yang mendaftar pada kita, sudah diberi informasi lowongan kerja, dan diberi penyaluran ke perusahaan yang dituju,” ujarnya.

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Displaying 1 Comments
Have Your Say
  1. yoyo berkata:

    siiiip klau buat brita ………..
    krana skrang srana pkrjaan yng smkin luas……….

Videos