Published On: Rab, Apr 12th, 2017

Pelaksanaan TMMD Super Cepat Nampak Hasilnya

seputartuban.com, PLUMPANG – Pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-98 di Dusun Bangolan, Desa Sumurjalak, Kec. Plumpang, Kabupaten Tuban super cepat. Karena hasil pembangunanya sudah melebihi 50 persen dari target kegiatan.

JALAN CEPAT : Aktifitas pembangunan jalan TMMD di Desa Sumurjalak, Kec. Plumpang

Setelah menyiapkan pengerjaan Tembok Penahan Tanah sepanjang 600 Meter pada sisi kanan dan kiri sesuai dengan tinggi rendahnya volume jalan. Kini, proses pengerjaan dan pengaspalan jalan sepanjang 1.360 Meter tersebut ditargetkan akan rampung dalam waktu dekat.

Proses pengerjaannya yang sudah dilaksanakan meliputi pengukuran tanah, penyiapan dan pembersihan jalan, pembentukan badan jalan sekaligus pemadatan pondasi jalan menggunakan batu. “Ini tinggal peningkatan jalannya saja, sebelumnya sudah dilakukan pengerjaan makadam. Jadi proses pengerjaannya benar-benar dimulai dari 0,” terang Komandan Kodim 0811 Tuban, Letkon Inf Sarwo Suprio. Senin, (10/4/2017) siang.

Dandim juga menjelaskan bahwa rangkaian kegiatan awal meliputi pengukuran ruas jalan yang akan dibangun. Kemudian baru dikerjakan, agar sesuai dengan yang telah diprogramkan.

Tidak hanya itu, agar badan jalan yang dibangun bertahan lama, dalam proses pembangunan juga dilakukan pembersihan akar pohon yang berada di badan jalan. Agar jalan tidak rusak karena pertumbuhan akar pohon. Serta dilakukan pemadatan menggunakan batu lalu dikuatkan dengan alat berat jenis tandem roller.

” Jalan salah satu akses tercepat untuk menuju pusat keramaian seperti pasar, kantor pelayanan desa, dan anak anak kesekolah. Jika dihitung hanya membutuhkan waktu 20 menit dari jarak tempuh sebelumnya,” imbuhnya.

Dipilihnya Dusun Bangolan, RT 03 RW 05 tersebut mengingat wilayah itu merupakan daerah terpencil karena letaknya berada didalam kawasan hutan. Pembangunan sarana infrastruktur belum dapat dilaksanakan pihak pemerintah desa lantaran akses jalan menuju lokasi sepanjang 7 KM sulit ditempuh menggunakan kendaraan bermotor.

Sedangkan penerangan listrik PLN, baru merambah wilayah setempat pada akhir tahun 2014 lalu. “Kami sangat berterimakasih atas terselenggaranya TMMD yang memilih desa ini sebagai pelaksanaan kegiatan, semoga pembangunan ini memberikan banyak manfaat bagi masyarakat,” kata Kepala Desa Sumurjalak, Endra setyowati (41), terpisah.

Diketahui kegiatan tersebut melibatkan lintas prajurit TNI, Polres Tuban, Pemkab Tuban dan jajaran, Ormas di Kabupaten Tuban serta lintas masyarakat. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author