Published On: Sen, Mar 2nd, 2015

Pelaksanaan Pilkades 25 Desa Belum Jelas

Share This
Tags

TUBAN

Pilkades Ulang Glodok

RAMAI : Aktivitas Pilkades yang dilaksanakan serentak se Kabupaten Tuban pada 2013

seputartuban.com – Pada 2015 sebanyak 25 Kepala Des (Kades) berakhir masa jabatanya. Namun hingga saat ini Pemkab Tuban juga belum dapat memastikan kapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) tersebut.

Pemkab beralasan belum pastinya Pilkades dikarenakan Tuban belum memiliki Peraturan Daerah (Perda) tentang Pilkades. Sesuai UU No. 6 tahun 2014 tentang Desa. Sehingga pelaksanaan pemilihan belum memiliki dasar hukum. Selain itu, pada akhir 2015 juga akan dilaksanakan Pilkada Tuban, hal ini juga menjadi pertimbangan. Apakah diperbolehkan atau tidak Pilkades bersamaan dengan Pilkada.

“Kita menunggu Perda yang saat ini sudah masuk dalam prolegda tahun ini, kalau sudah ada Perdanya baru kita bisa merencanakan pelaksanaan Pilkades,” ungkap Kepala Bapemas dan KB Pemkab Tuban, Mahmudi, Senin (02/03/2015) pagi.

Namun Mahmudi tetap berharap Pilkades tetap dapat dilaksanakan tahun ini. Karena pertimbangan pemerintahan desa sangat membutuhkan Kades. Jika tidak segera diisi akan menimbulkan kendala.

“Petunjuk tidak bolehnya dilaksanakannya Pilkades tahun ini karena juga bersamaan dengan Pilkada masih belum ada, kita berharap tetap bisa terlaksana tahun ini. Kalau bisa dilaksanakan di pertengahan tahun ini kan tidak menganggu Pilkada,” ujar Mahmudi.

Anggota Kimisi A DPRD Tuban, Abu Cholifah menegaskan pelaksanaan Pilkades harus memiliki payung hukum. Hingga saat ini baru pada ada UU dan peraturan pemerintah (PP). Sedangkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) masih belum ada, sehingga Raperdanya belum bisa dibahas. “Kita menunggu payung hukum, sebab untuk membuat draf Raperda harus ada Permendagrinya,” kata anggota DPRD Tuban dari Fraksi PDIP itu.

Abu menambahkan, bila bulan ini draf Raperda itu sudah diajukan ke DPRD maka akan dilakukan pembahasan dan kajian selama 1 sampai 2 bulan baru dapat disahkan. Sehingga pada bulan Agustus Pilkades bisa dilaksanakan. “Eksekutif harus segera berkoordinasi dengan Mendagri, sehingga drafnya bisa segera dibuat. Saya yakin pelaksanaan Pilkades tidak akan menganggu pelaksanaan Pilkada,” sambungnya.

Diketahui, Untuk pelaksanaan Pilkades di 25 desa itu, Pemkab Tuban menyiapkan bantuan dana sebesar Rp. 257 juta. Dengan pembagiannya berbasis jumlah pemilih dalam Pilkades. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author