Published On: Sab, Sep 30th, 2017

Pekan Raya PT Semen Gresik Wujud Nyata Sejahterakan Masyarakat

PEDULI UKM : Suasana pembukaan pekan raya bersama Bupati Tuban dan pimpinan PT Semen Gresik


​seputartuban.com, MERAKURAK – Sebanyak 320 pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) binaan perusahaan yang didominasi oleh masyarakat Tuban, turut meriahkan event pekan raya dalam rangka HUT PT. Semen Gresik yang ke-60 mulai Rabu (27/9/2017). Di kawasan perumahan dinas karyawan PT Semen Gresik, Desa Bogorejo, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban. .

Harapanya, dengan keterlibatan para pelaku UKM binaan perusahaan tersebut mampu membantu menciptakan peta pemasaran produk lokal hingga produk domestik maupun regional. Juga mampu mengurangi jumlah pengangguran, hinggajadi solusi kemiskinan diwilayah Kabupaten Tuban.

Direktur Utama PT. Semen gresik, Gatot Kustyadji mengatakan, bahwa pihaknya akan terus berupaya meningkatkan kesejahterakan masyarakat melalui penyaluran dana dan kemitraan perusahaan atau CSR.

“Dikabupaten Tuban, mitra binaan PT. semen Gresik saat ini sudah mencapai 7.579 mitra dengan jumlah 9.008 orang. Dari data terakhir omset mitra binaan kami per september 2017 ini sebesar 185,8 Milyar. Ini sudah terbukti dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, ” terangnya.

Saat ini, sesuai data yang dimilikinya, untuk mitra aktif dibidang perdagangan dan industri berjumlah 16.363. Usaha  tersebut melibatkan tenaga kerja berjumlah 22.667 orang yang seluruhnya tersebar diwilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Sedangkan di Kabupaten Tuban sampai dengan saat ini, mitra binaannya sudah berjumlah 7.579. Dengan jumlah tenaga kerja mencapai 9.108 orang. Jumlah itu cenderung meningkat jika dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya berjumlah 8.627 tenaga kerja.

Pihaknya optimis, bahwa dengan rutin melaksanakan kegiatan serupa dimasing-masing daerah. selain pelaku usaha mampu memasarkan produknya secara langsung kepada konsumen. Mereka juga mampu menciptakan pola pemasaran lain, yakni melalui kerjasama yang sudah dibangun dengan relasi yang diciptakan. “Untuk omset penjualannya saja sampai September 2017 ini sudah mencapai Rp185 miliar, sedangkan jumlah seluruhnya (Jawa Timur – Jawa Tengan) mencapai Rp 5,1 Triliun, ” lanjutnya.

Upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat tersebut mendapat apresiasi dari Bupati Tuban, Fathul Huda. Dia mengatakan bahwa kehadiran perusahaan tersebut terbukti mampu membantu meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Kegiatan ini menjadi bukti bangkitnya UKM di Tuban, namun terlepas dari itu, CSR harus tetap dipantau agar sesuai sasaran dan tepat guna, salah satu caranya adalah dengan menggunakan jasa konsultan yang professional. Semoga pekan raya ini dapat dilaksanaka istiqomah (langgeng)”  pungkas  Bupati.

Diketahui, Kegiatan pembukaan HUT PT. Semen Gresik ke-60 dihadiri Forkompimda, Direksi PT. Semen Gresik dan jajaran ,Muspika Kecamatan Merakurak serta seluruh Kepala Desa di Ring I. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author