Published On: Rab, Apr 4th, 2018

PAW Anggota DPRD Tuban Asal Partai Gerindra Masih Lama ?

seputartuban.com, TUBAN – Meninggalnya, salah satu Wakil Ketua DPRD Tuban, Ahmad Fanani dari Fraksi Gerindra membuat jatah kursi partai kosong. Menjadi hak partai untuk mengajukan Pengganti Antar Waktu (PAW) dari Calon Legislatif kader Partai Gerindra pada Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg) lalu.

Sekretaris DPC dan Ketua Fraksi Gerindra, Tri Astuti, SH

Hingga saat ini belum ada proses pengajuan PAW yang dilakukan partai. “Sampai sekarang belum ada pengajuan usulan penggantian dari DPD Parpol yang bersangkutan,” Kata Sekretaris DPRD Tuban, Supriyanto, Selasa (3/4/2018).

Bendahara Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Kabupaten Tuban, Tri Astuti, Selasa (3/4/2018) mengatakan pihaknya saat ini baru mengirimkan surat ke Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Gerindra Jatim soal pengganti almarhum sebagai Ketua DPD.

“Masih menunggu ketua (Ketua DPC) definitif. Senin kemarin kita berkirim surat ke DPD untuk mohon petunjuk dan arahan terkait kekosongan Ketua DPC,” katanya.

Sistem partai untuk pengganti sepenuhnya menjadi hak Dewan Pengurus Pusat (DPP). Nama calon ketua diusulkan oleh DPD. Setelah terpilih ketua definitif baru dapat melakukan PAW. “Keputusan di DPP melalui usulan DPD,” imbuh Sekretaris DPC yang juga Ketua Fraksi Gerindra tersebut.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban, Kasmuri menjelaskan mekanisme penggantian yang diterima pihaknya adalah dari Pimpinan DPRD Tuban. “Itu mekanismenya DPRD Tuban berkirim surat ke KPU Tuban untuk meminta data calon PAW. Setelah itu KPU Tuban melakukan rapat pleno untuk menentukan calon PAW tersebut,” jelasnya. NAL

Facebook Comments

About the Author