Published On: Sel, Sep 11th, 2012

Paving Area Makam Sunan Bonang Dibongkar

Share This
Tags

Penulis: Hanafi

TUBAN

seputartuban.com – Paving area Makam Sunan Bonang sudah mulai dibongkar, Senin (10/09/2012). Hal ini buntut dari aksi protes warga Kelurahan Kutorejo, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban yang dilakukan pada (28/08/2012) lalu, yang meminta agar mengembalikan sejumlah nisan kuno yang dianggap sebagai cagar budaya dianggap telah dirusak.

Salah satu perwakilan warga, bernama Wagianto (56) warga Kelurahan kutorejo, Gg. 03, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban, menjelaskan bahwa adanya pemugaran yang sepihak mengakibatkan banyaknya warga dari ahli waris yang kurang setuju, sehingga harus dikembalikan seperti sediakala.
Pasalnya apabila tetep dilakukan pavingisasi akan membuat hilangnya nisan yang mempersulit pencarian makam. “Istilahnya, hanya tuban yang rebutan makam, meskipun begitu itu kan memang haknya ahli waris, harus kita hormati, ” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Lurah Kutorejo, Bambang Wahyudi Sutejo, saat dikonfirmasi mengatakan bahwa pemugaran ini salah satu bentuk menjaga dan melestarikan salah satu cagar budaya utama yaitu Sunan Bonang. Selain itu pihaknya akan tetap memediasi terkait persoalan warga yang menolak adanya pavingisasi terhadap makam yang mengakibatkan hilangnya nisan.

“Semua sudah aman dan kondusif, jadi tidak ada yang dipermasalahkan, ini pekerja tadi sudah sebagian mengambil paving, ” jelasnya.

Foto : Proses pembongkaran paving dan spanduk tuntutan dari warga sekita makam Sunan Bonang

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author