Published On: Sel, Jul 19th, 2016

Pasangan Rujuk Tahun Ini Dipastikan Meningkat

Share This
Tags

TUBAN

seputartuban.com – Jumlah pasangan rujuk di Kabupaten Tuban tahun ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya. Data dari kantor kementerian Agama Kabupaten Tuban hingga bulan april sudah ada lima pasangan yang rujuk.

Ilustrasi

Ilustrasi

Seksi Bimbingan Masyarakat, Midchol Huda, menyampaikan untuk jumlah pasangan rujuk pada tahun 2015 hanya ada 3 pasangan dan pada tahun 2014 ada 6 pasangan yang rujuk. “Data yang kami terima dari KUA (Kantor Urusan Agama) setempat, hingga bulan empat saja sudah ada lima pasangan yang rujuk kembali,” katanya, Senin  (18/7/2016).

Kelima pasangan rujuk ditahun ini berasal dari KUA Kerek ada tiga pasangan. Sedangkan dua pasangan lagi dari KUA Parengan dan Plumpang. “Rujuk terjadi pada bulan februari ada satu pasangan yakni dari KUA parengan dan empat pasangan lainnya rujuk pada bulan april,” jelas Huda.

Sedangkan untuk tiga pasangan yang rujuk pada tahun lalu berasal dari KUA Bancar, KUA Montong dan KAU Merakurak. Pasangan dari Kecamatan Bancar dan Kecamatan Montong rujuk pada bulan februari 2015 dan pasangan yang rujuk bulan Agustus 2015 dari KUA Merakurak.

Huda tidak bisa menjelaskan secara pasti faktor meningkatnya jumlah pasangan yang rujuk pada tahun ini dibandingkan tahun sebelumnya. Dia hanya menjelaskan berbagai faktor dapat dijadikan alasan bagi pasangan untuk saling memberi kesempatan kedua bagi pasangan dan kembali membina biduk rumah tangga.

“Konflik yang terjadi dalam rumah tangga adalah hal lumrah. Apalagi pada usia perkawinan di bawah lima tahun. Bisa jadi konflik yang sesaat karena usia pernikahan yang baru tersebut. Hingga memutuskan untuk cerai lalu secara alami mereka tiba tiba rujuk kembali,” pungkas Huda. USUL PUJIONO

Facebook Comments

About the Author