Published On: Sel, Jul 7th, 2015

Pasangan Muda Tuban Doyan Kawin Cerai

Share This

TUBAN

Pengadilan Agama Kab. Tubanseputartuban.com – Hingga awal juni 2015 ini setidaknya terdapat 1.538 kasus perceraian yang ditangani Pengadilan Agama (PA) Kabupaten Tuban.

Wakil Panitera PA Tuban, Busyiri, mengatakan mayoritas kasus perceraian tersebut didominasi pasangan yang menikah di usia muda. Hal tersebut mengindikasikan pasanga muda di Bumi Wali ada kecenderungan doyan kawin cerai.

Bahkan yang mengejutkan hampir 80 persen pasangan muda itu menikah menggunakan surat dispensasi karena masih di bawah umur.

“Kasus  perceraian di Kabupaten Tuban didominasi pasangan muda. Labilnya tingkat emosional dan rendahnya pendidikan serta kemiskinan turut  mendukung tingginya angka perceraian,” tutur  Busyiri, Senin (06/07/2015) siang.

Dia menyebut, data pada bulan Januari 2015 terdapat nol kasus perceraian. Namun, bulan  Februari mendadak muncul 25 kasus perceraian, Maret 36  kasus, April 25  kasus, bulan Mei 17 kasus, dan Juni terdapat 39 kasus perceraian.

Dari semester pertama di tahun 2015 ini diasumsikan seluruhnya berjumlah 142 pekara perceraianpasangan di bawah umur. “Rata-rata mereka berusia belasan antara 16 hingga 19 tahun,” tandas Busyiri. AHMAD ARIF AKBAR

Facebook Comments

About the Author