Published On: Sel, Jun 16th, 2015

Pasangan Independen Warnai Pilkada Tuban

TUBAN

peroranganseputartuban.com-Dominasi partai politik dalam kontestasi Pilkada Tuban 2015 tampaknya mulai mendapat perlawanan.

Lunturnya hegemoni parpol pengusung bakal calon ditandai munculnya Zakky Mahbub dan Dwi Susanti yang akan maju dari jalur perorangan dalam pilkada Desember nanti.

Apalagi, saat ini secara administrasi duet calon bupati dan wakil bupati dari jalur independen tersebut sudah merampungkan syarat yang ditentukan.

Ketua KPU Kabupaten Tuban, Kasmuri, memastikan data dukungan yang diserahkan pasangan tersebut sudah melebihi dari persyaratan.

“Data dukungan yang diserahkan sebanyak 86.637 berkas, terdiri dari surat pernyataan dan foto copy KTP warga yang memberikan dukungan pada 20 kecamatan di Kabupaten Tuban,” tandas Kasmuri, Selasa (16/05/2015) siang.

Menurut dia, sebab untuk Kabupaten Tuban minimal butuh dukungan 6,5 persen dari jumlah penduduk yakni 1,163,591 jiwa. Dukungan yang harus diserahkan sebanyak 75.634 jiwa dan harus tersebar minimal di 11 kecamatan dari 20 kecamatan yang ada.

“Kita masih melakukan verifikasi dan hari ini semuanya bisa tuntas,” imbuh Kasmuri.

Namun begitu, jalan pasangan Zakky Mahbub dan Dwi Susanti masih panjang. Sebab jika dari hasil verifikasi itu memenuhi persyaratan, maka data dukungan itu akan diserahkan ke PPS untuk dilakukan verifikasi. Baik secara administrasi maupun  faktual.

“Nanti akan kita lakukan verifikasi secara faktual, dengan cara mendatangi satu persatu dari mereka yang sudah menyatakan mendukung,” katanya.

Tapi Kasmuri mengingatkan, jika ternyata ditemukan nama-nama yang bersangkutan tidak merasa memberikan dukungan, maka harus mengisi surat pernyataan tidak merasa mendukung. Kemudian dilakukan pencoretan dari daftar dukungan pasangan tersebut.  MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author