Published On: Jum, Jun 19th, 2015

Pasangan Independen Lolos Pilkada Tuban 2015

TUBAN

illustrasi: INDEPENDEN

illustrasi: INDEPENDEN

seputartuban.com-Duet Zakky Mahbub-Dwi Susiantin Budiarti sebagai cabup dan cawabup dari jalur independen dinyatakan lolos verifikasi oleh KPU Kabupaten Tuban untuk mengikuti pilkada 9 Desember memdatang.

Munculnya pasangan independen ini sekaligus menjawab pesimisme publik Bumi Ronggolawe, yang sebelumnya memprediksi jalur perseorangan tidak laku karena beratnya persyaratan untuk maju sebagai kandidat dalam Pilkada Tuban 2015.

Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Pengembangan Informasi KPU Kabupaten Tuban, Yayuk Dwi Agus Sulistiarini, menjelaskan setelah dilakukan verifikasi pasangan Zakky-Dwi dinyatakan lolos karena dukungannya menyebar rata di 20 kecamatan.

Dia mengatakan, dari 86.637 dukungan terhadap Zakki dan Dwi yang dikirim ke KPU Tuban setelah dilakukan verifikasi ada sebanyak 2.492 dukungan dinayatakan tidak lolos karena dobel nomor urut. Sehingga setelah di verifikasi ada sebanyak 84.145 yang dinyatakan lolos.

“Nanti akan kita serahkan ke PPS untuk dilakukan penelitian administrasi dan faktual,” kata Yayuk, Jumat (19/06/2015) siang.

Menurut dia, penelitian administrasi dan faktual oleh PPS akan mulai dilaksanakan tanggal 23 Juni sampai 6 juli 2015. Selanjutnya akan dilakukan rekapitulasi hasil penelitian di tingkat kecamatan, yang kemudian digelar pada tingkat kabupaten 14-19 Juli.

“Tapi ketika hasil verifikasi ternyata kurang dari batas minimal yaitu 75.674 dukungan maka calon harus memperbaiki atau melengkapi kekurangan dukungan itu,” sambungnya sembari menyebut tahapan ini dilaksanakan 4-7 Agustus.

“Kekurangan dukungan itu harus dilengkapi dua kali lipat untuk bisa lolos dan mengikuti Pilkada Kabupaten Tuban 9 Desember nanti,” tandas Yayuk. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author