Published On: Rab, Jul 31st, 2019

Partai Demokrat Didik Calon Dewan Agar Kerja Profesional

seputartuban.com, TUBAN – Calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten/kota se Jawa Timur serta calon dewan provinsi, Senin-Selasa (29-30/7/2019) mengikuti pendidikan dan pelatihan di salah satu hotel di Surabaya. Mereka mendapatkan pembekalan sejumlah materi agar mereka saat menjabat sebagai anggota dewan bekerja dengan profesional.

WAKIL DEMOKRAT : Inilah kader Partai Demokrat yang terpilih menjadi anggota DPRD Tuban 2019 mengikuti sekolah yang diadakan DPD Demokrat Jatim

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Dewan Pengurus Daerah (DPD) Demokrat Jatim itu bertujuan memberikan pembekalan untuk meningkatkan kualitas anggota dewan mendatang. Dalam Sekolah Legislatif angkatan IV tersebut disampaikan sejumlah materi. Yakni implementasi nilai Pancasila, UUD 1945 dan wawasan nusantara. Kewenangan, fungsi dan tugas legislatif. Pembuatan public policy dan legal drafting, serta materi budgeting dan RPJMD.

Salah satu calon anggota DPRD Tuban yang mengikuti kegiatan, Muhammad Ilmi Zada mengatakan pembekalan itu sangat dibutuhkan. Karena dengan pemahaman yang baik, akan berdampak kinerja yang baik. “Kegiatan seperti ini sangatlah penting, agar DPRD (kader Demokrat) yang mendatang mempunya kualitas yang bagus. Agar mendalami 3 fungsi DPRD yaitu sebagai legislati (pembentukan peraturan daerah), anggaran (kewenangan dalam anggaran), pengawasan (mengontrol pelakasanaan peraturan daerah dan anggaran daerah),” ungkapnya, Rabu (31/7/2019).

Politikus muda yang sebelumnya sudah menjadi anggota dewan dan kembali terpilih itu menambahkan bahwa manfaat kegiatan itu juga akan memahamkan siklus anggaran daerah. “Juga diberi pengetahuan bagaimana alur APBD dan cara pembuatan APBD. Yang sudah tahu agar tidak lupa dan bagi yang belum tahu, ini penguatan kualitas kita,” jelasnya.

Diketahui dalam Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg) lalu, kader Partai Demokrat dari daerah pemilihan (Dapil) 1 yang telah ditetapkan oleh KPU Kabupaten Tuban NOMOR : 183/TU.05/3523/KPU-Kab/VII/2019 sebagai anggota DPRD Tuban 5 tahun mendatang adalah Mar’atun Sholikhah, S.H. Dia sebelumnya sudah menjabat sebagai anggota DPRD Tuban sebanyak 2 kali.

Dapil 2 yang lolos adalah yakni Hj. Sulasih Noer Mahfudhloh, S.E., S.Pd. Dari Dapil 3 diisi wajah lama yakni Muhammad Ilmi Zada, S.T.. Kemudian dari Dapil 4 wajah baru yang lolos, yaitu Imam Sutiono, S.H.. Sedangkan dari Dapil V adalah Muhammad Mu’tashim Billah. NAL

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Berita Terkini

Videos