Published On: Rab, Jun 8th, 2016

Parkir Elektrik Pasar Baru Senilai Rp. 350 Juta Jadi Pajangan

TUBAN

seputartuban.com – Perangkat parkir elektrik yang menghabiskan dana sebesar Rp. 350 juta diketahui nganggur atau tidak difungsikan. Operasional parkir di Pasar Baru Tuban untuk saat ini kembali ke sistem manual.

NGANGGUR : Aktifitas parkir di Pasar Baru Tuban yang tidak memakai fasilitas parkir elektrik yang sudah tersedia

NGANGGUR : Aktifitas parkir di Pasar Baru Tuban yang tidak memakai fasilitas parkir elektrik yang sudah tersedia

Kabid Perdagangan Dinas Perdagangan dan Pariwisata (Disperpar) Kabupaten Tuban, Bhismo Setya Adji, membenarkan kondisi tersebut. Dia menyampaikan setelah hampir 2,5 bulan dioperasikan, peranti parkir elektrik tersebut kini kembali nganggur.

Terkait apakah karena perangkatnya sudah rusak atau sulit difungsikan, Bhismo membantah atas hal tersebut. Dia menjelaskan, karena atas pertimbangan hal teknis perangkat parkir otomatis tersebut tidak difungsikan. “Kondisinya masih berfungsi dengan baik dan normal,” ujarnya, Selasa (7/6/2016).

Masalah teknis yang muncul ketika menerapkan sistem elektrik yakni, penumpukan antrian kendaraan yang cukup panjang. Utamanya untuk kendaraan roda dua. “Karena masalah teknis tersebut, sementara kita kembali ke manual,” jelas Bhismo.

Dengan adanya masalah teknis tersebut Disperpar merencanakan penambahan palang pintu kendaraan roda dua. Sehingga instansinya akan mengusulkan lagi pada Perubahan Anggaran Pendapatan Daerah (PAPBD) 2016.

Diketahui, tujuan diterapkannya sistem parkir elektrik adalah untuk mendongkrak pendapatan retribusi parkir yang selama ini dinilai masih stagnan yang terindikasi terjadi kebocoran. Karena sistem parkir elektrik dinilai lebih terinci. Sedangkan target pendapatan dari retribusi parkir pasar untuk tahun ini sebesar Rp. 1.446.550.000. USUL PUJIONO

Facebook Comments

About the Author