Published On: Rab, Mar 6th, 2019

Parengan Dikepung Banjir Kali Kening

seputartuban.com, PARENGAN – Hujan lebat, Selasa (05/03/2019) malam membuat sejumlah kawasan di Kabupaten Tuban diterjang banjir, Rabu (06/03/2019). Salah satu kawasan yang banyak mengalami kebanjiran adalah Kecamatan Parengan. Meluapnya Kali (Sungai) Kening membuat sejumlah desa di kawasan bantaran sungai terendam.

Desa yang sebagian wilayahnya terendam adalah Desa Parangbatu, Desa Cengkong, Desa Brangkal, Desa  Margorejo, Desa Selogabus, Desa Suciharjo, Desa Kumpulrejo, Desa Kemlaten, Desa Sembung, Desa Desa Sukorejo dan Desa Margoasri. Dengan variasi rendaman banjir ditiap wilayah. Ada yang terendam hingga ketinggian 1 meter sampai 1,5 meter. 

PETANI MERADANG : Tanaman melon terendam banjir mengancam hasil panen yang membuat petani merugi banyak

Rumah warga, jalan kampung maupun jalan poros desa terendam. Akibatnya juga mengganggu aktivitas warga. Selain itu, masyarakat juga mengungsikan hewan ternaknya ke dataran yang lebih tinggi. 

Akibat kejadian ini, membuat petani setempat meradang. Karena tanaman padi dan melon yang luasannya cukup banyak terendam banjir. Dikhawatirkan akan membuat tanamannya membusuk. “Ya petani ya seperti ini, semoga ada perhatian dari pemerintah untuk ikut membantu nasib petani saat bencana begini,” ungkap Imam, pemuda salah satu petani melon. 

Dia juga mengaku belum ada peringatan dini potensi banjir Kali Kening. Masyarakat yang tidak tahu kondisi hulu sungai maupun kondisi cuaca menyebabkan tidak menentu dalam bertani. “Karena keterbatasan petani ini menjadi ancaman buat petani juga, semoga pemerintah lebih berperan soal ini,” imbuhnya.  Akibat banjir ini belum dapat diinfotmasikan jumlah kerugian yang dialami para petani. Karena para pihak terkait masih melakukan pendataan. Namun diperkirakan hingga ratusan juta rupiah kerugian yang diderita masyarakat. NAL

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

komentar dengan santun

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>




Videos