Published On: Kam, Mei 22nd, 2014

Panwaslu Minta KPUD Anyar Tak Keras Kepala

TUBAN

SULLAMUL HADI: Mekanisme yang dipakai KPUD Tuban harus diubah, sebab komisioner-komisioner yang baru belum tentu menguasai medan dan mereka harus serius.

SULLAMUL HADI: Mekanisme yang dipakai KPUD Tuban harus diubah, sebab komisioner-komisioner yang baru belum tentu menguasai medan dan mereka harus serius.

Seputartuban.com-Panwaslu Kabupaten Tuban berharap anggota KPUD setempat yang baru nanti mau belajar dan menerima masukan dari berbagai pihak. Hal itu disampaikan Ketua Panwaslu Kabupaten Tuban, Sullamul Hadi.

Saat ini masih dilakukan seleksi calon anggota KPUD Tuban periode 2014-2019 dan tinggal menunggu keputusan dari KPU Propinsi Jawa Timur. Calon anggota KPU itu akan ditetapkan selambat-lambatnya 12 Juni mendatang.

“Mereka harus serius melaksanakan tugasnya dalam pelaksanaan pilpres 9 Juli mendatang. Meskipun secara pekerjaan ringan namun tanggungjawabnya lebih besar dibandingkan pelaksaan pemilu yang lain,” ungkap Hadi, Kamis (22/05/2014).

Menurut dia, dari hasil pengawasan panwaslu terhadap data pemilih dalam pileg kemarin sistem KPUD yang dipakai carut marut. Untuk itu dia berharap, KPUD anyar nantinya bisa  melaksanakan tugasnya secara profesional dan proporsional. Mekanisme atau sistem yang dipakai harus berbeda dengan pelaksanaan pileg sebab anggota KPUD Tuban sebentar lagi akan berganti wajah.

“Mekanisme yang dipakai KPUD Tuban harus diubah, sebab komisioner-komisioner yang baru belum tentu menguasai medan dan mereka harus serius. Sebab konsekuensinya lebih berat,” tegas Hadi.

Selain itu, imbuh dia, KPUD diharapkan serius dalam penyusunan DPT. Jangan sampai DPT yang sudah disusun nantinya amburadul saat pelaksanaan coblosan. Seperti yang sudah terjadi pada saat pelaksanaan pileg lalu.

“Kita sudah mengirimkan surat rekomendasi kepada KPUD agar lebih teliti, terutama pemilih pemula. Sudah kita instruksikan kepada semua panwascam dan PPL agar memantau pelaksanaan penyusunan DPT,” kata Hadi.

Saat ini KPUD Tuban tengah melakukan tahapan penyusunan daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP) dan masih dilakukan validasi bagi pemilih yang belum masuk, sembari menunggu proses seleksi komisioner KPUD Tuban yang baru. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author