Published On: Ming, Okt 22nd, 2017

Pantai Boom Jadi “Lautan” Pembatik Muda

seputartuban.com, TUBAN – Ribuan siswa dari tingkat SD hingga SLTA, Minggu (22/10/2017) berada di kawasan Pantai Boom Tuban, untuk mengikuti Lomba Cipta Motif dan Menggambar Batik Tulis Khas Tuban. Kegiatan tahunan itu selain diikuti kalangan pelajar juga para pengrajin batik dengan kategori lomba berbeda. 

SERIUS : Peserta Lomba menggambar batik khas Tuban sedang berlomba

Para pelajar dari berbagai jenjang sekolah nampak semangat mengikuti lomba tahunan tersebut. Acara dibuka langsung oleh Sekretaris Dewan Kesenian Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Tuban. Yang juga dihadiri sejumlah kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Tuban. 

Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Pemkb Tuban, Agus Wijaya sebagai penyelenggara dalam sambutannya mengatakan kegiatan lomba sebagai wujud nyata melestarikan dan mengembangkan batik khas Tuban. “Kami berharap kegiatan ini sebagainya upaya memelihara dan menumbuhkembangkan batik khas Tuban,” katanya. 

Lomba dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Tuban ke 724 itu diikuti lebih dari 1,100 peserta. Diharapkan batik khaa Tuban juga dicintai kalangan pelajar dan masyarakat luas. Bahkan tidak hanya dipakai dalam acara resmi saja, juga sangat menarik jika dipakai dalam suasana santai. 

“Untuk memperingati Hari Jadi Tuban ke 724. Selain itu untuk meningkatkan kepedulian dan kecintaan masyarakat dan pelajar terhadap batik khas Tuban serta memperkaya motif batik khas Tuban,” tegasnya. 

MENARIK : Peragaan busana yang dilakukan Duta Wisata Tuban

Dalam acara itu juga dilakukan peragaan busana batik gedok yang sudah menjadi pakaian menarik untuk dipakai dalam segala suasana. Perpaduan batik dan warna sert model yang pas, membuat pemakainya nampak menawan. Seperti yang diperagakan para duta wisata menjadi peragawan dan peragawati dalam acara peragaan busana tersebut. 

Pergaaan busana itu sebagai pembuktian, bahwa kain batik tidak hanya cocok dipakai acara resmi dan orang tua saja. Namun cocok dalam segala suasana serta untuk kalangan muda atau pelajar. Bahkan akan memunculkan pesona baru jika perpaduan corak dan motif bajunya sepadan. NAL

Facebook Comments

About the Author