Published On: Rab, Nov 16th, 2016

Pameran Dagang HJT 723 Siapkan UKM Menuju Pasar Nasional

TUBAN

seputartuban.com – Usaha Kecil Menengah (UKM), Produk-produk unggulan Tuban hingga perwakilan industri besar, serta Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Tuban meramaikan Pameran Dagang dan Pembangunan dalam rangka Hari Jadi Tuban ke 723 di GOR Ranggajaya Anoraga. Acara ini dibuka mulai Selasa (15/11/2016) sore rencananya ditutup pada Sabtu (19/11/2016).

KEMBANGKAN EKONOMI : Ketua DPRD Tuban, M. Miyadi mencoba salah satu menu yang ada di Pameran Dagang usai membuka acara

KEMBANGKAN EKONOMI : Ketua DPRD Tuban, M. Miyadi mencoba salah satu menu yang ada di Pameran Dagang usai membuka acara

Acara tahunan itu diramaikan berbagai produk makanan, pakaian, kerajinan, elektronik, kendaraan bermotor serta produk unggulan daerah. Tidak ketinggalan perwakilan industri besar yang ada di Tuban baik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun Swasta, serta  perwakilan dari 9 Pemerintah Kabupaten/Kota di Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Jumlah peserta yang terlibat dalam pameran itu ada 150 peserta yang terbagi 128 stan yang tersedia baik yang berada di dalam maupun di luar GOR. Peserta meliputi, 18 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Lembaga atau Instansi Kabupaten Tuban, 8 BUMN dan Industri swasta, 6 Properti dan bisnis perumahan, 7 Usaha Otomotif dan leasing, 102 UKM binaan Disperpar Kabupaten Tuban. Serta dari Pemkab Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Lamongan, Kota kediri, Kota Pasuruan, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Jepara dan Kabupaten Rembang.

Kegiatan bersama dengan Dinas Koperasi Jawa Timur itu juga di ramaikan dengan pesta kembang api pada Selasa (15/11/2016) malam. Festival Band hingga mendatangkan artis nasional, Didi Kempot, pada Rabu (16/11/2016) sore. Sentra Kuliner, Lomba-lomba ilmiah remaja dan pelajar serta aneka permainan juga menambah daya tarik warga untuk hadir dalam pameran tersebut.

Kepala Dinas Perekonomian dan Pariwisata (Disperpar) Kabupaten Tuban, Farid Achmadi, menyampaikan, Pameran Dagang dan Pembangunan tersebut bertujuan sebagai sarana promosi dan komunikasi interaktif antara pemerintah daerah, dunia usaha dan masyarakat.

Sehingga dapat saling sinergi agar mendorong berbagai potensi sumber daya daerah untuk menuju mewujudkan masyarakat Kabupaten Tuban yang maju mandiri dan sejahtera. “Materi pameran adalah produk dan komoditi unggulan Kabupaten Tuban dan kabupaten lainnya. Yang meliputi hasil industri, pertanian, perikanan, peternakan, dan makanan ringan. Serta forniture dan hasil industri kecil, dan kerajinan,” jelas Farid.

Dengan keikut-sertaannya beberapa kabupaten lain di Jawa Timur dan Jawa Tengah tersebut, serta kehadiran Industri besar yang ada di Kabupaten Tuban diharapkan UKM di kabupaten Tuban siap bersaing di skala Nasional. Selain itu, bagi SKPD yang terlibat dalam pameran tersebut, untuk menyampaikan progress report (perkembangan) kepada publik yang berhubungan erat dengan pelayanan ke masyarakat. “Dan visualisasi hasil hasil pembangunan daerah termasuk beberapa informasi pelayanan program pemerintah kepada masyarakat,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Tuban, M Miyadi, mengatakan kegiatan seperti pameran sebagai wahana para pengusaha khususnya UKM untuk mengerti pasar dan suhunya yang kompetitif. Selain sebagai sarana promosi produk UKM dan produk lokal Kabupaten Tuban.

“Ketika jaringan, informasi dan komunikasi sudah terjalin antar UKM dan elemen lainnya nanti akan ada hubungan kemitraan. Menciptakan inspirasi dan terobosan dalam dunia usaha sehingga akan meningkatkan nilai daya dan mampu bersaing pada skala pasar yang lebih luas lagi,” terangnya.

Miyadi mengungkapkan kegiatan pameran diharapkan dapat mendorong lahir dan semakin kuatnya jiwa wirausaha masyarakat. “Produk-produk kreatif masyarakat harus kita pikirkan dan kita kembangkan terus untuk siap bersaing di pasar Nasional,” pungkasnya. USUL PUJIONO

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Berita Terkini

Videos