Published On: Sab, Apr 15th, 2017

Paling Berbeda, Lintas Pendekar Silat Kuatkan TMMD Tuban

seputartuban.com, PLUMPANG – Keberadaan pendekar silat di Indonesia sebenarnya menjadi penguat persatuan dan kesatuan bangsa. Serta menjadi sarana efektif dalam upaya perbaikan sosial maupun pertahanan bangsa dan negara. Seperti yang dilakukan pendekar dari lintas organisasi silat dalam program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Dusun Bangolan, Desa Sumurjalak, Kec. Plumpang, Kab. Tuban, Jumat (14/4/2017).

PALING BERBEDA : TNI, Polri, lintas pendekar saat mendapat pengarahan dari Danramil Plumpang sebelum memulai kerja bhakti

Pendekar Siaga dari Desa Guwoterus Kec. Montong jauh-jauh datang ke lokasi TMMD karena menjalankan fungsinya. Yakni Siaga Sosial dan Siiaga Kebangsaan. Selain itu karena menjadi binaan Kodim 0811 Tuban. Sehingga mereka dengan suka rela melakukan gotong royong gabung dengan masyarakat dan organisasi silat lainya.

Pendekar siaga adalah gabungan dari IKSPI Kera Sakti, Margaluyu 151, Bunga Islam dan Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT). Mereka tidak hanya menggiatkan kerukunan, namun gerakan sosial lebih diutamakan. “Agar hidup kita ada manfaatnya bagi masyarakat. Kita ikut TMMD karena panggilan jiwa dan hubungan baik dengan TNI,” kata Koordinator Pendekar Siaga, Hery Prasetyo.

PENDEKAR TMMD : Meski dari organisasi pencak silat berbeda mereka bersatu membangun MCK

Dalam kerja bhakti juga hadir para pendekar dari wilayah sekitar Desa Sumurjalak. Mereka hadir dengan pakaian kebesaranya masing-masing. Yakni IKSPI Kera Sakti, PSHT dan Pagar Nusa. Dalam pelaksanaan pekerjaanya mereka dibagi dalam kelompok terpisah dengan komposisi campuran lintas unsur pendekar, TNI dan masyarakat.

Mulai pembangunan rumah, MCK maupun jalan raya. “Sebelum kerja kita bagi dulu. Mereka sangat luar biasa, tidak hanya rukun tapi juga aktif bersama kita dalam TMMD ini. Terima kasih atas keihklasanya,” kata Danramil Plumpang, Kapten Istoha.

Sementara itu, Dandim 0811 Tuban, Letkol Inf Sarwo Supriyo mengatakan bahwa apa yang dilakukan para pendekar itu bagian dari upaya menguatkan partisipasi masyarakat dalam pertahanan negara. Karena semakin aktif, maka masyarakat dan negara semakin baik.

SUKA RELA : TNI, Polri, Pendekar Siaga, lintas pendekar organisasi silat di plumpang dan masyarakat saat gotong royong perbaiki jalan

“Mereka sebenarnya aset bangsa yang perlu dioptimalkan fungsinya. Secara rohani mereka sudah dibekali dari para guru dan leluhurnya dengan ajaran Budi pekerti luhur. Serta secara fisik mereka juga sudah dilatih,” ungkapnya.

Sehingga peran pendekar dalam TMMD di Tuban diharapkan juga menjadi inspirasi bagi pendekar diluar Tuban. “Semoga hati pendekar diluar sana juga tergerak untuk menjalankan ajaranya secara nyata seperti yang disini. Mereka itu sebenarnya hanya perlu kita arahkan saja karena potensinya sudah luar biasa ajaranya,” jelasnya.

Selain mereka bekerja membaur lintas pendekar dengan TNI, Polri dan masyarakat, juga menunaikan sholat Jumat berjamaah dilokasi TMMD. Sehingga kebersamaanya juga secara rohani terwujud dalam waktu yang bersamaan. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author