Published On: Sel, Mei 6th, 2014

Paket Kisi-kisi SNMPTN Mulai Diserbu

TUBAN

PASCA UN: Jelang pelaksanaan SNMPTN sejumlah toko buku di Tuban mulai diserbu para siswa yang akan masuk PTN.

PASCA UN: Jelang pelaksanaan SNMPTN sejumlah toko buku di Tuban mulai diserbu para siswa yang akan masuk PTN.

seputartuban.com–Setelah beberapa bulan lalu buku tentang kisi-kisi soal Ujian Nasional (UN) laris di pasaran, kini ganti paket kisi-kisi soal  Seleksi Nasional  Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) mulai diburu siswa di Tuban pasca UN tingkat SMA.

“Memang pasca UN SMA kemarin, buku tentang SNMPTN mulai diincar para siswa yang ingin mencoba peruntungannya di perguruan tinggi negeri (PTN). Karena dalam buku tersebut memuat berbagai kisi-kisi soal yang tentunya cukup membantu sebagai bahan referensi masuk PTN”, ungkap Khotimatus Sa’adah, bagian administrasi di toko buku Duta Ilmu yang berada di kawasan Jalan Diponegoro Tuban, Selasa (06/05/2014).

Menurutnya, perburuan itu merupakan rezeki tahunan bagi para pemilik usaha toko buku. Setiap kali jelang UN maupun SNMPTN buku-buku tersebut aris manis di pasaran. Untuk mengantisipasi permintaan pelanggan dari kalangan pelajar, pihaknya sudah mempersiapkan stok yang cukup banyak.

Disebutkan, sebelum dan sesudah pelaksanaan UN SMA sederajat, sudah ratusan buku SNMPTN terjual. Para pembeli yang datang di tokonya rata-rata dari kalangan pelajar SMA maupun MA.

Sa’adah menerangkan, jika dilihat dari penjualannya memang yang lebih membutuhkan amyoritas dari kalangan sekolah berbasis non kejuruan. Tapi bukan berarti yang berbasis kejuruan tidak membutuhkan.

“Hanya saja memang jumlahnya kecil untuk siswa yang duduk dibangku sekolah kejuruan yang membutuhkan buku-buku SNMPTN,” imbuh dia.

Katanya, buku-buku SNMPTN dijual secara paket atau pun per exemplar. Harganya pun bervariatif tergantung jenis buku dan penerbit. Per paket dijual antara Rp 100-250 ribu. AMIN

Facebook Comments

About the Author