Published On: Jum, Mar 14th, 2014

Pakde Karwo Berharap Tuban Memiliki RPH Modern

Share This
Tags

BANCAR

seputartuban.com – Gubernur Jawa Timur, Soekarwo mengharapkan Tuban memiliki Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Modern. Agar kesejahteraan peternak meningkat, karena harga jual sapi stabil. Hal ini diungkapkan usai mendampingi kunjunga Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono, di Peternakan Wahyu Utomo, Kamis (13/3/2014), di Desa Sukolilo, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban.

MAMPIR : Rombongan Presiden didampingi Pakde Karwo saat mengunjungi peternakan sapi

MAMPIR : Rombongan Presiden didampingi Pakde Karwo saat mengunjungi peternakan sapi

Saat ini stok daging sapi di Jawa Timur sudah lebih, namun tingkat nasional kebutuhan daging masih kurang. “Kita berharap disini ada tempat pemotongan sapi yang higienis dan modern, sehingga bisa meningkatkan harga daging yang berimbas pada kenaikan harga sapi,” kata Pakde sapaan akrap Gubernur Jatim.

Pakde juga menghimbau agar para peternak sapi mau bergabung dengan kelompok ternak yang sudah ada. Serta tidak menyembelih sapi betina, karena akan berdampak populasi sapi menurun. “Alasan masih adanya penyembelihan sapi betina itu disebabkan harganya lebih murah dibandingkan sapi jantan, selisih harganya sampai 60 persen,” keluh Gubernur Jatim.

Bupati Tuban, Fathul Huda saat diwawancarai mengatakan Pemerintah Kabupaten (Pemka) Tuban sudah menyediakan lahan 2,5 hektar untuk rumah pemotongan hewan. Namun belum bisa melakukan pembangunan karena terkendala anggaran. “Tadi kita sudah sampaikan kepada Bapak Presiden dan akan diberi bantuan melalui APBN,” kata Bupati. (lis)

Facebook Comments

About the Author

Videos