Published On: Sel, Mei 22nd, 2012

Pabrik Pengolahan Tepung Kapasitas Besar Akan Berdiri di Tuban

Share This
Tags

Penulis : Pambudi Jamaica

TUBAN

suputartuban.com – Kabupaten Tuban beberapa bulan kedepan akan mempunyai pabrik pengolahan tepung. Terbukti, saat ini Pemkab Tuban sudah mengijinkan Badan Usahan Milik Daerah (BUMD) Pemprof Jatim, untuk mendirikan pabrik pengolahan tepung di Dusun Tanjung Awar-Awar, Desa Tasikharjo, Kecamatan Jenu, Tuban.

Kabid Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian Tuban, Ir. Sudarmudji, Selasa (22/ 05/2012), mengatakan memang belum tahu pasti detail pabrik tersebut akan dibangun. Akan tetapi, melalui PT. Aneka Usaha, pabrik pengolahan tepung segera berdiri. Luas lahan yang akan digunakan pun tak tanggung-tanggung. Namun, pastinya belum diketahui.” Iya, akan ada pengolahan tepung. Pemkab Tuban sudah mengijinkannnya, “ katanya.

Sayangnya, Sudarmudji tidak tahu pastinya kapasitas produksi itu pabrik tepung tersebut. “ Saya tidak tahu pastinya berapa. Yang jelas pengolahan tepung tersebut membutuhkan singkong banyak untuk diproduksi menjadi tepung,” sambung dia.

Saat ini, Dinas Pertanian Kabupaten Tuban sendiri sudah mengintruksikan kepada sejumlah petani untuk menanam singkong. Singkong pun bentunya berfaritis. Ada singkong Menggo, K 129, dan Singkong Karet. “ Untuk Singgkong Menggo sudah tertanaman 380 hektar di Kecamatan Kenduruan,” imbuh Sudarmudji.

Sedangkan Singkong, K 129, Karet, atau lebih lazimnya disebut singkong lokal. Sudah tertatam dilahan para petani se-Kabupaten Tuban seluas 5 ribu hingga 6 ribu Hektare. Namun demikian, singkong masih dibutuhkan masih banyak lagi jika pabrik pengolahan tepung tersebut sudah  beroprasi.

Apalagi, tidak melalui BUMD saja yang akan mendirikan pengolahan singkong di Tuban. Pemkab Tuban sendiri pun saat ini sudah mendirikan pabrik pengolahan singkong di Desa Maibet, Kecamatan Rengel, Tuban.

Tidak hanya di Rengel Saja. Namun, tempat yang pas untuk tempat pabrik serupa sudah direncanakan. Yakni, Kecamatan Montong, Merakurak, dan Kerek. Empat kecamatan tersebut direncanakan mempunyai pabrik pengelohan tepung tersebut.

Sudarmudji menambahkan, dulunya singkong hasil petani Tuban menjual singkong diluar daerah, yakni Kabupaten Pati, Jawa Tengah.  Namun, beberapa waktu kedepan jika pabrik pengolahan tepung itu sudah biroprasi, mereka tidak usah menjual hasil panennya ke Pati. Namun, di Tuban saja.

Foto : Kabid Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian Tuban, Sudarmuji

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Videos