Published On: Rab, Mei 13th, 2015

Pabrik Arak Tuban Masih Bergeliat, Lima Tempat Digrebek

TUBAN

BERANTAS ARAK : Petugas saat melakukan menggrebek pabrik arak di Desa Prunggahan Wetan, Kecamatan Semanding, Kab. Tuban, Rabu (13/05/2015)

BERANTAS ARAK : Petugas saat melakukan menggrebek pabrik arak di Desa Prunggahan Wetan, Kecamatan Semanding, Kab. Tuban, Rabu (13/05/2015)

seputartuban.com – Satuan Polisi Pamong Praja Pemkab Tuban gabungan TNI dan Polri, Rabu (13/05/2015) menggrebek 5 pabrik arak di kawasan Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Dari 5 lokasi pabrik yang digrebek, petugas hanya berhasil masuk dan menyita barang bukti di 2 lokasi, sedangkan 3 tempat lainya tertutup rapat.

Di kawasan Desa Prunggahan Wetan terdapapat 3 lokasi, namun hanya 1 pabrik yang berhasil dibuka petugas. Sedangkan di Desa Prunggahan Kulon terdapat 3 lokasi dan 1 pabrik yang berhasil dirazia petugas.

“Dari lima target operasi (TO) hanya dua tempat yang kami dapati sebagai tempat meramu arak.  Sedangkan target lainya kondisi rumah tertutup dan pemilik rumah tidak berada di tempat,” ungkap Kasi Operasional dan Penindakan Satpol PP Kabupaten Tuban, Iriyanto.

Petugas juga menyita sejumlah peralatan untuk memproduksi arak sebagai barang bukti. Berupa 4 unit kompor gas, 4 buah tabung LPG 3 Kg, 2 unit mesin pompa air, 19 drum arak masih dalam proses fermentasi, 4 jerigen arak dengan kapasitas isi 60 Liter, serta 25 botol dan 2 dus arak siap edar.

Barang bukti diamankan dari pemiliknya Kanang (43), warga Prungahan Kulon dan Wahyudi (45), warga Prunggahan wetan. Keduanya dijadikan tersangka tindak pidana ringan, barang bukti diamankan di Mapolres Tuban.

“Ini sebagai penegakan Peraturan Daerah Kabupaten Tuban sesuai dengan peraturan daerah nomor 5 tahun 2014, tentang pengawasan dan pengendalian minuman beralkohol,” jelasnya Iriyanto.

Menurut pengakuan tersangka kepada petugas, arak akan dikirim ke wilayah pedesaan Tuban luar daerah. Diantaranya Surabaya, Gresik, Madiun, Mojokerto, Bojonegoro serta Surabaya. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author