Published On: Jum, Jul 10th, 2015

Pabrik Arak di Pematang Sawah Digrebek

Share This

SEMANDING

Razia Arak..seputartuban.com – Untuk mengelabuhi petugas, ES (37), warga Desa Sambongrejo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban menjalankan usaha produksi araknya di pematang sawah. Namun petugas tetap saja mengetahuinya, kemudian dilakukan penggrebekan.

Yang biasanya aktivitas produksi arak dilakukan di dalam rumah, kali ini berada 300 dibelakang rumah. “Di bawah rerimbunan pohon bambu,” ungkap penanggung jawab harian Sat Pol PP Pemkab Tuban, Wagiono, Kamis (09/07/2015).

Saat digrebek, pelaku sedang melakukan proses pembuatan arak dalam tungku pemasak dengan ukurang panjang 2 meter lebar setengah meter. Proses penyulingan ini juga menggunakan 2 buah kompor untuk memanaskan tungku.

“Kami tidak berhasil menangkap pemilik ES karena pada saat kami datangi lokasi dalam keadaan sepi sehingga hanya peralatan pendukungnya saja yang kami amankan,” jelasnya.

Setelah mengamankan peralatan pembuatan arak, barang bukti diserahkan ke Polisi. Yakni 1 unit dandang, 2 unit kompor gas beserta tabungnya, dan empat buah jerigen dengan kapasitas 30 liter. Dalam razia itu, dilibatkan 41 anggota gabungan Sat Pol PP, Polres Tuban dan TNI. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author