Published On: Sen, Agu 24th, 2015

Optimisme Industri Semen di Tengah Krisis

TAMBAKBOYO

KONTRIBUSI NSIONAL: Menperin Saleh Said saat menandatangi prasasti peresmian pabrik semen PT Holcim Tuban di Tambakboyo, Senin (24/08/2015) pagi.

KONTRIBUSI NSIONAL: Menperin Saleh Said saat menandatangi prasasti peresmian pabrik semen PT Holcim Tuban di Tambakboyo, Senin (24/08/2015) pagi.

seputartuban.com-Kondisi industri semen nasional sepanjang tahun 2015 ini tengah mengalami masa yang paling sulit. Hal ini ditandai penurunan permintaan yang sampai Juni lalu hanya mencapai 3,3 persen.

Namun begitu, pemerintah tetap menaruh optimis yang tinggi mengingat industri semen adalah salah satu penunjang utama pembangunan infrastruktur di Indonesia. Optimisme ini menguat setelah merujuk laju pertumbuhan permintaan semen yang rata-rata 9,1 persen per tahunnya dalam lima tahun terakhir.

“Maka sangat beralasan ketika kami yakin kondisi di masa depan akan cerah dengan laju pertumbuhan yang cukup baik tersebut,” tegas Menteri Perindustrian Saleh Husin waktu meresmikan pabrik semen Tuban Plant milik PT Holcim Indonesia Tbk di Kecamatan Tambakboyo, Senin (24/0/2015) pagi.

Dalam peresmian yang juga dihadiri Presiden Komisaris PT Holcim Indonesia Kuntoro Mangkusubroto, Bupati Tuban Fathul Huda serta Dirjen Industri Kimia Tekstil dan Aneka Kemenperin Harjanto ini, Saleh menegaskan dengan berdirinya pabrik baru Tuban Plant ini tentunya akan menambah kapasitas produksi semen nasional secara signifikan.

“Ini akan mendorong program percepatan pembangunan infrastruktur terpadu yang telah dicanangkan pemerintah, sehingga potensi pengembangan industri semen dalam negeri terus meningkat,” kata dia.

Pada kesempatan ini, Saleh juga meminta kepada para pelaku industri khususnya manajemen PT Holcim Indonesia agar secara konsisten menerapkan program pemerintah untuk mengembangkan industri berwawasan lingkungan atau industri hijau untuk mewujudkan komitmen sustainable development.

“PT Holcim telah membuktikan sebagai perusahaan yang telah menerapkan aspek-aspek utama dalam pembangunan industri tersebut pada setiap lini produksinya,” tandas dia. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author